PAN-Demokrat Usung Yus Surbakti Gantikan Ayahnya di Pilkada Karo

MEDAN, kaldera.id- Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat menunjuk Yus Felesky Surbakti untuk menggantikan Kena Ukur Surbakti (Karo Jambi) yang meninggal dunia tadi pagi sebagai Calon Bupati Karo. Ia merupakan anak dari Kena Ukur.

Keputusan itu tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pimpinan Pusat (DP) Partai Amanat Nasionalis (PAN) sebagai salah partai pengusung. Surat itu bernomor PAN/Kpts/KU-SJ/410/IX/2020.

“Berdasarkan amanat Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan Gubernur, Bupati,dan Walikota, dan mekanisme internal PAN dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Karo tahun 2020, DPP PAN memberikan persetujuan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Karo. Nama Calon Bupati, Yus Felesky Surbakti dan nama Calon Wakil Bipati, Paulus Sitepu,” demikian isi surat yang ditandatangani Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan, Minggu (6/9/2020).

Sementara, Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Herri Zulkarnain, mengatakan mereka juga mengusung Yus. Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) DPP Partai Demokrat yang ditandatangani Ketua Umum Agus Harimurty Yudhoyono dan Sekjen Teuku Riefky Harsya, nomor: 309/SK.DPP.PD/IX/2020, tertanggal 6 September 2020.

“Sudah beres. Yus Felesky Surbakti yang jadi calon bupati dan wakilnya Paulus Sitepu, SK dari DPP sudah keluar,” kata Herri.

Sebelumnya pasangan Kena Ukur Surbakti dan Paulus Sitepu diketahui diusung oleh Partai Demokrat, Golkar dan PAN. Untuk dukungan Golkar menyusul..(finta rahyuni)