Site icon Kaldera.id

Politisi Nasdem jadi Menteri Kelautan Sementara

Syahrul Yasin Limpo.(ist)

Syahrul Yasin Limpo.(ist)

JAKARTA, kaldera.id – Menteri Pertanian ( Mentan) Syahrul Yasin Limpo ditunjuk sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim (sementara). Politisi Partai Nasdem ini menggantikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya Menteri Kelautan dijabat politisi Partai Gerindra Edhy Prabowo. Tapi dia kemudian ditangkap KPK, karena dugaan menerima uang suap. Presiden Jokowi kemudian menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Kelautan Sementara.

Tapi saat ini, Luhut melakukan perjalanan dinas luar negeri pada 2-10 Desember 2020 sehingga harus digantikan sementara lagi oleh Syahrul Yasin Limpo. Hal ini tertuang dalam dalam Surat Menteri Sekretaris Negara Nomor B-918/M.Sesneg/D-3/AN.00.03/12/2020. Surat bertanggal 2 Desember 2020 itu ditandatangani Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Pada intinya memohon izin kepada Bapak Presiden untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri pada tanggal 2-10 Desember 2020,” tulis Praktino dalam surat itu, seperti dilansir Kompas.com, Kamis (3/12/2020).

Alasan tersebut juga dibenarkan oleh Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi. Jodi mengatakan, selama 2-10 Desember, Luhut berada di Tokyo untuk melakukan roadshow dan bertemu investor. “Betul. Pak Menko Marves dan Pak Erick Thohir sedang di Tokyo untuk melakukan roadshow sovereign wealth fund dan pertemuan dengan investor,” katanya.(kpc/red)

Exit mobile version