AMAN Kalah Hitung Cepat, Ini Harapan Salman

MEDAN, kaldera.id – Paslon Walikota dan Wakil Walikota Medan, Akhyar-Salman (AMAN) berharap masih bisa memenangkan kontestasi Pilkada Kota Medan meski dalam perhitungan cepat (Quick Count) mereka kalah dari Paslon Bobby-Aulia.

“Tapi kami masih berharap dan masih optimislah,” kata Salman di kantor DPW PKS Sumut, Rabu (9/12/2020). Dia berbicara kepada wartawan tanpa didampingi Akhyar Nasution.

Salman berharap, seluruh masyarakat bisa menunggu hasil perhitungan suara resmi yang dikeluarkan oleh KPU. Ia menyebut menghargai lembaga-lembaga survei yang sudah menyampaikan hasil quick count.

“Jadi tunggulah hasil resmi, jika sudah terkumpul semua baru nanti kita akan umumkan,” ujar Mantan Wakil Ketua DPRD Sumut itu.

Hingga saat ini, katanya, tim Akhyar-Salman masih melakukan perhitungan real count internal yang mereka buat. Tim juga sedang mempersiapkan perhitungan suara hingga ke tingkat kecamatan.

“Untuk itu, kami berharap bahwa masyarakat untuk bersabar sebentar untuk menunggu hasilnya,” ujarnya.

Kalau Pun Kalah, Tetap Bersyukur

Meski begitu, Salman mengatakan pihaknya akan tetap bersyukur jika pun nantinya ia dan Akhyar kalah melawan menantu Joko Widodo itu.

“Kalau seandainya pun itu yang terjadi misalkan, kami bersyukur mendapatkan suara segitu karena dengan dua partai kemudian dengan partisipasi masyarakat yang tidak sampai 50 persen berarti kan mayoritas masyarakat tidak memilih pasangan sebelah,” jelasnya.

“Apapun yang terjadi itulah hasil akhirnya. Jadi kalau dikatakan kita dalam konferensi pers ini mengumumkan kemenangan tidak, mengumumkan kesalahan juga tidak kita,” sambungnya.

Sebagai informasi, Bobby-Aulia menang Pilkada Medan versi hitung cepat sejumlah lembaga survei. Berdasarkan data quick count dari Charta Politika, Bobby-Aulia meraih 55,29% suara.

Sementara, Akhyar Nasution-Salman Alfarisi mendapat 44,71% suara. Jumlah tersebut berasal dari 100% laporan yang masuk per pukul 18.44 WIB.

Selain itu, Bobby Aulia juga menang versi quick count dari Median. Bobby-Aulia mendapat 55,74% suara, sementara Akhyar-Salman mendapat 44,26% suara.

Jumlah tersebut merupakan diperoleh dari 95,33% data yang telah masuk per pukul 18.48 WIB. Median menyebut tingkat partisipasi Pilkada Medan berada di angka 54,47%.(finta rahyuni)