Atalanta Pesta di San Siro, Gilas Valencia 4-1

0
8

SAN SIRO, kaldera.id – Klub Italia, Atalanta, melanjutkan kejutannya di Liga Champions. Di laga leg pertama 16 besar, tim yang disebut netizen Inter KW ini berpesta di San Siro, menggilas Valencia dengan skor 4-1, Kamis (20/2/2020).

Dua gol Hans Hateboer ditambah satu gol Josip Ilicic dan Remo Freuler di Stadion Giuseppe Meazza (San Siro), memastikan tim kejutan asal Italia punya keunggulan masif untuk lolos ke perempat final. Sebaliknya, Valencia butuh kemenangan minimal 3-0 di Mestalla di leg kedua pada 11 Maret 2020.

Dilansir tirto.id, Atalanta tidak dapat tampil di markas mereka sendiri, Stadion Gewiss karena tidak memenuhi syarat UEFA, dan mereka meminjam Stadion Giuseppe Meazza. Pasukan Gian Piero Gasperini itu pun tampil istimewa di kandang Inter Milan dan AC Milan itu.

Atalanta bisa unggul empat gol lebih dahulu dari Valencia, tim yang pernah jadi finalis Liga Champions dua kali. Turun dengan formasi 3-5-2, Atalanta dominan pada menit-menit awal laga. Tuan rumah sudah punya peluang emas pada menit kedelapan saat tembakan Mario Pasalic bisa dibendung kiper Valencia, Jaume Domenech. Laga berjalan seperempat jam, Atalanta memimpin.

Pesta Atalanta Dibuka Hateboer

Umpan Alejandro Dario Gomez dituntaskan Hans Hateboer dari jarak dekat jadi gol. Valencia tidak dapat merespons ini hingga menjelang babak pertama usai. Sebaliknya, Atalanta menambah gol pada menit ke-42 lewat drive Josip Ilicic. Bagi sang penyerang Slovenia, ini gol perdananya di UCL.

Pasukan Gian Piero Gasperini adalah tim tersubur di Serie A musim ini dengan 63 gol dari 24 pertandingan. Sebaliknya, Valencia termasuk lima tim terburuk di Liga Spanyol dalam urusan kebobolan, terkoyak 34 kali hanya dalam 24 laga. Ini tercermin sepanjang laga, terutama dengan tambahan dua gol tuan rumah di babak kedua.

Gelandang Atalanta asal Swiss, Remo Freuler mengirim tembakan lengkung yang menjebol gawang Los Che pada menit ke-57. Hanya berselang lima menit, gol kedua Hateboer lahir melalui tendangan datar ke sudut jauh gawang pasukan Albert Celades. Valencia baru bisa bertindak setelah tertinggal demikian jauh.

Denis Cheryshev membuat skor jadi 4-1 hanya dua menit setelah masuk ke lapangan. Dalam sisa pertandingan, Valencia terus mencari celah. Total mereka mengirim 18 tembakan. Namun, efektivitas wakil Liga Spanyol ini layak dipertanyakan dengan hanya 4 peluang yang mengancam kiper Pierluigi Gollini.

Kemenangan besar ini membuat Atalanta sudah mencecahkan kaki di 8 besar Liga Champions Eropa musim ini.(f rozi)