Babat Korsel di Final, China Amankan Gelar Piala Sudirman ke 13

0
139
China kembali meraih juara Piala Sudirman edisi 2023 usai mengalahkan Korea Selatan. Ini menjadi gelar ke 13 bagi China.(kaldera/HO)
China kembali meraih juara Piala Sudirman edisi 2023 usai mengalahkan Korea Selatan. Ini menjadi gelar ke 13 bagi China.(kaldera/HO)

MEDAN, kaldera.id – Tim Bulutangkis Beregus China berhasil merebut trofi Piala Sudirman 2023. China menjadi juara setelah menang telak atas Korea Selatan dengan skor 3-0. China sendiri melaju ke final setelah menumbangkan Indonesia di perempat final.

Pertandingan final Piala Sudirman 2023 antara China vs Korea dilangsungkan di Suzhou Olympics Center, Minggu (21/5) siang WIB. Pasangan ganda campuran top Zheng Siwei/Huang Yaqiong membawa China mengungguli Korea 1-0. Memainkan pertandingan pertama, Zheng/Huang bangkit dari kekalahan di gim pertama sebelum menumpas Seo Jung jae/Chae Yu jung 18-21, 22-20, 21-8.

Shi Yuqi kemudian memperbesar skor China dengan kemenangan atas Lee Yun Gyu. Mantan pebulutangkis nomor dua duni tersebut menang mudah atas lawannya dengan skor 21-13 dan 21-17 usai melakoni pertarungan selama 55 menit.

Kemenangan China ditentukan di partai ketiga yang memainkan nomor tunggal putri. Chen Yufei mengalakan An Se Young juga dengan dua gim langsung dalam skor akhir 21-16, 22-20 dalam duel nyaris sejam. Uniknya, dalam tiga partai ini China hanya kehilangan satu gim saja.

Dengan hasil ini, China semakin menegaskan dominasinya di Piala Sudirman. Ini adalah gelar Piala Sudirman ketiga berturut-turut bagi China atau yang ke-13 dalam 18 edisi gelaran kompetisi tertinggi yang diambil dari nama pendiri PBSI Dick Sudirman ini.(efri s/dtc)