Pj Gubsu A Fatoni menyerahkan pataka dalam pelepasan kontingen PON 2024 di Aula RIS, Kantor Gubsu, Jumat (30/8/2024).(HO/kaldera)
Pj Gubsu A Fatoni menyerahkan pataka dalam pelepasan kontingen PON 2024 di Aula RIS, Kantor Gubsu, Jumat (30/8/2024).(HO/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Dr H Agus Fatoni yakin Kontingen Sumut bisa melewati target lima besar pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

“Kita punya target lima besar, tetapi saya yakin kita bisa empat besar. Bahkan dengan kekompakan yang sudah terjalin selama ini, bukan tidak mungkin bisa tiga besar. Ini bukan tanpa perhitungan, tapi sudah ada hitungannya. Antara lain Papua sudah pemekaran menjadi empat provinsi,” jelas Agus Fatoni ketika mengukuhkan sekaligus memimpin acara pelepasan Kontingen PON Sumatera Utara, Jumat (30/8).

Turut hadir dalam acara di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubsu itu, di antaranya Wakapolda Brigjen Pol Rony Samtana, mewakili Pangdam I BB, Ketua Harian PB PON Wilayah Sumut H Baharuddin Siagian, Sekum Efendi Pohan, Kabid Pertandingan Budi Syahputra dan jajaran panitia lainnya.

Acara dirangkai dengan penyerahan pataka oleh Pj Gubsu kepada Ketua Kontingen Sumut John Ismadi Lubis yang didampingi CdM Wilayah Sumut Yanto Pasaribu dan CdM Wilayah Aceh H Sakiruddin.

“Ini belum tentu terulang kembali. Di pundak kita semua ada beban dan harapan besar. Kalian semua sudah terpilih untuk berada di sini,” pesan Agus Fatoni.

Menurut Fatoni, banyak orang yang ingin menjadi atlet, namun tidak mendapatkan kesempatan. Karenanya dia berharap para atlet Sumut bisa tampil sebaik mungkin di ajang olahraga empat tahunan tersebut.

Sebelumnya Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut John Ismadi Lubis melaporkankan jumlah atlet dan sebaran wilayah pertandingan mereka yang mencakup Wilayah Sumut dan Aceh.

“Kami laporkan jumlah atlet yang kita lepas hari ini sebanyak 1152 atlet, 453 atlet akan bertanding di Aceh dan 699 di Sumut. Sebagian sudah berangkat menuju Aceh, sehingga izin tidak bisa hadir di sini,” jelas John Lubis.(reza/frozi)