Niraspresso, Nikmatnya Paduan Air Nira dan Ekstraksi Kopi

0
364
Niraspresso.
Niraspresso.

BANDA ACEH, kaldera.id – Provinsi Aceh dikenal memiliki produksi kopi berkelas dunia. Bila ke sana, Anda pun dapat menikmati berbagai minuman khas olahan kopi seperti sanger dan pancung. Belakangan, Niraspresso muncul sebagai bentuk baru dari olahan kopi di Tanah Serambi Mekkah.

Bagi masyarakat Aceh, kopi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, hal itu terbukti dengan menjamurnya segala jenis usaha warung kopi di Aceh. Warung kopi di Banda Aceh misalnya, menyediakan berbagai macam jenis kopi yang bijinya langsung ditanam oleh petani dari dataran tinggi Gayo Lues.

Lantas apa itu Niraspresso? Minuman yang menjadi sajian khas Moordeen Coffee di Banda Aceh ini, merupakan perpaduan espresso (ekstrasi kopi), yang dicampur dengan air nira sehingga menambah citarasa yang khas minum kopi dengan cara yang berbeda. Dari wikipedia, nira adalah cairan yang manis yang diperoleh dari batang tanaman atau getah tandan bunga dari jenis palma seperti aren. Nira dari aren mengandung gula antara 10-15%. Cairan ini dapat diolah menjadi minuman segar, dijadikan sirup aren, atau diolah lebih lanjut menjadi gula aren dan sebagainya.

Perpaduan espresso dan air nira juga unik saat sudah disajikan dalam gelas. Karena ternyata Niraspresso ini memiliki dua perpaduan warna. Pada bagian atas gelas cairan espresso, sementara air nira terlihat berada di bawahnya. Ketika diaduk menjadi satu, akan memberikan rasa manis nira bercampur dengan aroma kopi Gayo.

Alfi Rahmat Faisal, penikmat kopi do Banda Aceh, mengaku bahwa Nirapresso memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari jenis kopi umumnya. Kesegarannya bercampur dengan aroma khas kopi Gayo.

“Rasa air niranya sangat kental bercampur dengan aroma espresso. Saat diseruput terasa nikmat apalagi dicampur dengan es makin terasa segarnya, bedalah dengan jenis kopi lainnya. Meski di campur air nira, aroma khas espresso tetap terasa,” ujarnya.

Penikmat Niraspresso yang datang tak hanya dari kalangan dewasa, melainkan remaja hingga anak-anak juga menikmati sajian kopi unik ini. Tak heran, jika setiap hari ramai pengunjung yang datang menikmati niraspresso bersama koleganya.

Pengunjung bisa menikmati Niraspresso di Moorden Coffee, Jalan T. Iskandar, Beurawe, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh. Dengan harga Rp15 ribu pergelas, Anda sudah bisa menikmati kesegaran Niraspresso bersama teman atau keluarga. Selamat menikmati.(fakhrurrazi/rzi)

*Penulis adalah alumni Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UINSU dan anggota Persatuan Alumni LPM Dinamika (PADI) UINSU