SM Amin Nasution, Gubernur Pertama Sumut jadi Pahlawan Nasional

Gubernur Pertama Sumatera Utara SM Amin Nasution.
Gubernur Pertama Sumatera Utara, SM Amin Nasution.

JAKARTA, kaldera.id – Pemerintah akan menganugerahkan Pahlawan Nasional kepada 6 orang dalam rangka memperingati Hari pahlawan 2020. Salah satunya adalah Gubernur Pertama Sumatera Utara SM Amin Nasution.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial, Juliari Batubara dalam konferensi pers Hari Pahlawan 2020 “Pahlawanku Sepanjang Masa” di Jakarta, Jumat (6/11/2020) seperti dilansir cnbcindonesia.com.

SM Amin bernama lengkap Sutan Mohammad Amin Nasution. Dia merupakan seorang Gubernur Sumatera Utara Ke-1. Masa jabatan yang diembannya ialah 18 Juli 1948 – 1 Desember 1948, pada masa Presiden Soekarno. Jabatan SM Amin Nasution digantikan oleh Ferdinand Lumban Tobing, pada masa jabatan 23 Oktober 1953 – 12 Maret 1956.

SM Amin menjadi penerima penganugerahan tersebut bersama Sultan Baabullah dari Maluku Utara, kedua Machmud Singgirei Rumagesan, dari Papua Barat. Kemudian Jend. Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, yang merupakan Kapolri pertama yang berdomisili di DKI Jakarta.

Kelima, Arnold Mononutu dari Sulawesi Utara yang Pernah jadi Menteri penerangan di era Presiden Soekarno dan terakhir Raden Mattaher Bin Pangeran Kusen Bin Adi dari Provinsi Jambi.

“Itu adalah 6 calon penerima gelar pahlawan yang akan disampaikan oleh bapak presiden pada 10 November setelah upacara ziarah nasional di TMP Kalibata,” imbuhnya.(cnbc/finta rahyuni)