LPM Dinamika UINSU Gelar Pelatihan Jurnalistik Secara Virtual

MEDAN, kaldera.id- Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Dinamika UIN Sumatera Utara menggelar pelatihan jurnalistik dalam rangka Perekrutan Anggota Baru (PAB) angkatan XXIV.

Pelatihan jurnalistik itu adalah Teknik Wawancara dan Penulisan Straight News secara virtual, Minggu, 13 Desember 2020.

Pemateri teknik wawancara Muhammad Hisyamsyah Dani menyampaikan, bahwa wawancara adalah tanya-jawab dengan seseorang untuk mendapatkan keterangan atau pendapatnya tentang suatu hal atau masalah.

“Sedangkan, wawancara jurnalistik adalah wawancara yang dilakukan wartawan dalam rangka mengumpulkan data dan fakta dari bahan berita untuk menjadi berita,” kata Hisyamsyah Dani, Pemimpin Redaksi LPM Dinamika periode 2017-2018.

Menurut Hisyam, seorang wartawan sebelum melakukan peliputan maupun wawancara dengan narasumber, hendaknya mempersiapkan data atau pertanyaan yang akan diajukan. Sehingga, lanjut Hisyam wartawan tidak lupa pertanyaan yang akan dikejar.

“Persiapan adalah hal yang utama sebelum melakukan wawancara dengan narasumber. Dengan begitu, pertanyaan yang telah kita siapkan akan terjawab,” ujarnya.

Sementara itu, pada pelatihan penulisan straight news diisi oleh jurnalis Kantor Berita RMOL Aceh, Fakhrurrazi. Ia mengatakan, straight news merupakan bentuk berita langsung, bisa juga disebut berita aktual atau terkini (spotnews/hardnews).

“Berita straight news umumnya memerlukan publikasi lebih cepat seperti di media online. Straight news jenis berita cepat basi bila tak segera ditayangkan,” kata Razi dalam materinya.

Selain itu, Mantan Redaktur Foto LPM Dinamika periode 2018-2019 menjelaskan bahwa penulisan berita langsung menggunakan konsep piramida terbalik. Konsep ini, kata Razi untuk memandu wartawan dalam menulis sebuah laporan peristiwa.

“Menulis straight news jugaharus mengacu pada rumus 5W+1H. Kemudian menggunakan piramida terbalik, pesan berita disampaikan secara deduktif atau umum,” jelasnya.

Ketua Panitia Penyelenggara, Ahmad Fadlan menyebutkan, jumlah pendaftar dalam perekrutan kali ini sebanyak 307 mahasiswa semester satu yang berasal dari berbagai fakultas yang ada di UINSU.

Fadhlan berharap, para peserta komitmen memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia hingga akhir. (finta rahyuni)