Mulai Besok Warga Medan Bisa Vaksin Melalui Drive Thru

Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau langsung pelaksanaan simulasi vaksinasi drive thru yang dilaksanakan Pemko Medan di eks Bandara Polonia Medan, Selasa (6/4/2021).
Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau langsung pelaksanaan simulasi vaksinasi drive thru yang dilaksanakan Pemko Medan di eks Bandara Polonia Medan, Selasa (6/4/2021).

MEDAN, kaldera.id – Walikota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution meninjau langsung pelaksanaan simulasi vaksinasi drive thru yang dilaksanakan Pemko Medan di eks Bandara Polonia Medan, Selasa (6/4/2021).

Hal ini untuk memastikan pelaksanaanya nanti berjalan lancar atau sesuai apa yang diharapkan. Bobby melihat langsung proses simulasi, mulai dari jalur yang akan dilalui oleh masyarakat yang akan di vaksin hingga lokasi observasi.

“Hari ini kita lakukan uji coba terlebih dahulu sebelum besok dimulai. Mulai jalur yang akan digunakan masyarakat sampai kegiatan lainnya,” ungkapnya.

Pada umumnya proses vaksinasi drive thru ini sama dengan vaksinasi lainnya. Diawali dengan pendaftaran, kemudian screening kesehatan, penyuntikan vaksin dan observasi. Vaksinasi drive thru ini sendiri di prioritaskan kepada masyarakat lanjut usia (lansia) dan pedamping.

“Kami juga sudah menyiapkan ICU, apabila ada masyarakat yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI),” tambahnya.

Vaksinasi drive thru yang diadakan Pemko Medan bekerjasama dengan Halodoc dan Lanud Soewondo Medan ini rencananya akan digelar selama satu bulan dengan target vaksinasi sebanyak 1.000 orang setiap harinya. Namun, Bobby menyebutkan, vaksinasi ini dapat berlangsung berbulan-bulan selama masyarakat masih ramai dan ketersediaan vaksin masih mencukupi.

“Kita targetkan 1.000 orang setiap hari dapat kita vaksin, dan mudah-mudahan tercapai,” tambahnya.(reza)