PD Al Washliyah Medan Maksimalkan Kapasitas Kesekretarisan Pengurus Kecamatan

Ketua PW Al Washliyah Sumut, Dedi Iskandar Batubara (dua dari kanan) didampingi Ketua PD Al Washliyah Medan, Abdul Hafiz Harahap memberikan materi dalam Up Grading PC Al Washliyah se Kota Medan, di Setia Budi, Jumat (7/4/2023).
Ketua PW Al Washliyah Sumut, Dedi Iskandar Batubara (dua dari kanan) didampingi Ketua PD Al Washliyah Medan, Abdul Hafiz Harahap memberikan materi dalam Up Grading PC Al Washliyah se Kota Medan, di Setia Budi, Jumat (7/4/2023).

MEDAN, kaldera.id – PD Al Washliyah Kota Medan menggelar peningkatan kapasitas (up grading) Kesekretarisan Pimpinan Cabang Al Washliyah dari 21 Kecamatan se Kota Medan, di Jalan Tasbih 2, Setia Budi, Medan, Jumat (7/4/2023).

“Peserta kegiatan ini adalah Sekretaris dan Wakil Sekretaris PC Al Washliyah se Kota Medan. Ini merupakan upaya peningkatan kapasitas pengurus di tingkat kecamatan untuk memaksimalkan tertib administrasi organisasi,” kata Ketua PD Al Washliyah Kota Medan, Abdul Hafiz Harahap.

Hafiz menyatakan kegiatan ini juga menjadi arena konsolidasi organisasi, menghadapi tantangan keorganisasian Al Washliyah di Kota Medan. Organisasi yang profesional merupakan tuntutan yang dibutuhkan masyarakat.

“Al Washliyah Kota Medan merupakan organisasi yang terdidik, humanis dan mandiri. Itu merupakan tujuan yang akan dicapai organisasi secara parsial dari waktu ke waktu. Apalagi kita tahu Kota Medan sebagai kota kolaboratif, perlu diperkuat dengan kehadiran Al Washliyah,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, para sekretaris dan wakil sekretaris PC Al Washliyah menyambut baik kegiatan ini. Sebab sangat disadari penguatan kapasitas merupakan kebutuhan pengurus dari sebuah organisasi kemasyarakatan Islam yang modern saat ini.

Bukan hanya di Belakang Meja

Sekretaris PD Al Washliyah Kota Medan, Hasanul Jihadi, menyebutkan fungsi sekretaris dan kesekretariatan tidak lagi soal duduk di meja dan adminstratif semata. Sehingga secara organisasi sekretaris adalah pembantu ketua dalam menjalankan organisasi.

“Setelah up grading ini diharapkan sekretaris dan kesekretariatan PC Al Washliyah se Kota Medan dapat bersama mendukung kinerja organisasi dan punya kesadaran untuk kompak dan solid memperkuat maslahat ke masyarakat,” ujar Hasanul.

Narasumber dalam kegiatan ini yakni Ketua PW Al Washliyah Sumatera Utara, Dedi Iskandar Batubara dan Wakil Sekretaris PD Al Washliyah Kota Medan, M Husni Maulana. Dalam paparannya, Dedi Iskandar Batubara menekankan, kader Al Washliyah harus menonjolkan ciri Kewashliyahan dalam pribadi dan sosial masyarakat.

“Pengurus Al Washliyah itu harus memahami kebutuhan organisasi. Misalnya, dari ciri administrasi saja, kita harus sudah tahu bahwa itu Al Washliyah,” ungkapnya.

Acara Up grading selain diikuti sekretaris dan wakil sekretris PC Al Washliyah Se Kota Medan, juga hadir Bendahara PD Al Washliyah Kota Medan Fachroel Rozi dan pengurus PD Al Washliyah Kota Medan lainnya. Selain itu rangkaian kegiatan ini juga diisi dengan Buka Puasa Bersama pengurus PD Al Washliyah Kota Medan dan PC Al Washliyah dari 21 kecamatan.(ali amri/red)