Wakil Dekan FITK UINSU Dr. Muhammad Dalimunte (duduk depan kiri) menandatangani MoU dengan Central Luzon Stare University. (HO/kaldera)
Wakil Dekan FITK UINSU Dr. Muhammad Dalimunte (duduk depan kiri) menandatangani MoU dengan Central Luzon Stare University. (HO/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sumatera Utara Medan mengadakan kunjungan ke Central Luzon State University (CLSU) di Filipina pada 14-17 Agustus 2024.

“Kunjungan ini merupakan bagian dari program FITK UINSU untuk menjalin kerjasama internasional yang mencakup kegiatan benchmarking, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Memorandum of Agreement (MoA), dan pengaturan implementasi (IA) antara kedua institusi,” ujar Dr. Muhammad Dalimunthe, M.Hum, Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Keuangan, FITK UINSU, Kamis (22/8/2024).

Turut dalam rihlah akademik internasional ini antara lain Prof. Dr. Abdurahman, M.Ag (Ketua Prodi S3 Magister Pendidikan Islam), Maslathif Dwi Purnomo, Ph.D (Ketua Prodi S2 Tadris Bahasa Inggris), Maryati Salmiah, M.Hum (Ketua Prodi S1 Tadris Bahasa Inggris), Reflina, M.Pd (Sekprodi S2 Tadris Bahasa Inggris), serta Machrani Adi Putri Siregar (Sekprodi PPG).

CLSU, yang terletak di Science City of Muñoz, Nueva Ecija, Filipina, merupakan salah satu universitas terkemuka di Filipina, terutama dalam bidang ilmu Pendidikan dan pertanian. Saat ini CLSU tercatat masuk dalam ranking dunia dan berperigkat 50 besar di Asia.

Dalam sambutannya, Dekan FITK UINSU Prof Dr Tien Rafida yang diwakili oleh Dr Muhammad Dalimunthe, mengatakan bahwa kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara kedua institusi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan kurikulum, serta pertukaran budaya dan akademik.

Apresiasi Kerjasama Internasional

Sementara itu, Presiden CLSU, Profesor Evaristo, A. Abella, PhD, menyambut baik kunjungan UIN Sumatera Utara Medan ini dan berjanji akan memberikan pelayanan terbaik dalam realisasi kerjasama antara kedua belah pihak.

Dekan College of Education CLSU, Professor Dr. Florante, P. Ibarra, menjelaskan bahwa terealisasinya Kerjasama ini berawal dari diskusi intensif dengan Ketua Prodi S2 Tadris Bahasa Inggris FITK UINSU, Maslathif Dwi Purnomo, Ph.D, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya College of Education CLSU telah melakukan benchmarking secara online dengan FITK UINSU beberapa bulan lalu yang diprakarsai oleh Professor Florante P. Ibarra dan Maslathif Dwi Purnomo, Ph.D. Dari pembicaraan awal ini, kemudian disepakati untuk melanjutkannya dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara kedua belah pihak.

“Acara penandatanganan MoU, MoA dan IA ini menunjukkan komitmen kedua universitas untuk terus memperluas kerjasama dalam berbagai program, termasuk pengembangan sumber daya manusia, penelitian kolaborasi internasional, pertukaran pelajar, pertukaran dosen, joint international conference, serta kerjasama akademik lainnya,” pungkas Maslathif.(efri surbakti/red)