Harga Bawang Merah Mulai Naik

0
26
Tim Satgas Pangan Kota Medan berdialog dengan salah satu pedagang di Pusat Pasar terkait kenaikan harga kebutuhan pokok.

MEDAN, kaldera.id – Harga jual bawang merah dan telur di pasar tradisional mulai merangkak naik jelang natal dan tahun baru. Sedangkan untuk bahan kebutuhan pokok masih aman.

Untuk bawang merah semula Rp25.000/kg naik menjadi Rp35.000/kg dan telur ayam semula harganya Rp1.300/butir menjadi Rp1.400/butir.

Kenaikan ini berdasarkan hasil peninjauan yang dilakukan Tim Satgas Pangan Kota Medan di Pusat Pasar, Pasar Belawan dan Pasar Simpang Limun, Selasa (17/11/2019).

Peninjauan ini juga dilakukan untuk mengecek ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan memantau harga. Sebab, bahan kebutuhan pokok acap kali langka dan harga merangkak naik.

Kadis Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis mengatakan, Tim Satgas Pangan akan terus turun untuk mengecek harga dan ketersediaan stok komoditas sembako yang beredar di pasar tradisional di Kota Medan.

“Tim akan terus melakukan peninjauan melalui sidak pasar hingga seminggu mendatang. Tim tidak hanya mengecek pada tingkat pedagang atau pengecer, juga tingkat distributor,” tegasnya.

Emilia juga berharap para pedagang dan distributor tidak memanfaatkan momentum hari besar keagamaan untuk melakukan penimbunan barang. Sehingga bahan pokok menjadi langka dan harga tidak terkendali. (reza sahab)