Giliran Vitamin C Langka di Medan dan Harga Selangit

Harga Vitamin C di Halodoc. kisaran harga pembelian di aplikasi tersebut dengan harga eceran tertinggi.
Harga Vitamin C di Halodoc. kisaran harga pembelian di aplikasi tersebut dengan harga eceran tertinggi.

MEDAN, kaldera.id – Selain masker dan hand sanitizer ternyata vitamin C juga habis diburu pembeli di tengah epidemi virus corona (covid-19).

Bukan tanpa alasan, vitamin C memang memiliki beragam manfaat yang tidak bisa diberikan nutrisi lain dan diyakini menjadi salah satu sumber nutrisi penting untuk menjaga imunitas kesehatan.

Kendati belum ada bukti ilmiah yang menyebut bahwa suplemen vitamin C secara spesifik mampu mencegah COVID-19, namun dari penulusuran CNBC Indonesia beberapa apotek sudah kehabisan pasokan vitamin C.

Beberapa merek dari vitamin C ternama pun tidak lagi tersisa. Kaldera.id sampai Sabtu (4/4/2020) menelusuri penjualan vitamin C dari Brastagi Supermarket Jl. Kartini, apotek di barisan Jl. KH Zainul Arifin, Jl. Sekip hingga Jl. Karya Medan.

Dari semua apotek tersebut hanya tersedia vitamin dosis tinggi Redoxon di Jl. Sekip Medan isi 10 tablet dengan harga Rp40 ribu. Namun petugas apotek menyarankan membeli vitamin C keluaran Sea Quil seharga Rp280.000 isi 30.

Vitamin C alami Kelangkaan

Sementara, apotek di Jl. Karya, harga satu kemasan CDR yang biasanya Rp20 ribu-an kini dijual Rp80.000. Salah satu penjual yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku bahwa sekarang vitamin juga banyak dibeli. Rata-rata dari mereka mencari vitamin C di atas 500 mg.

“Vitamin C semakin banyak dicari dan sampai kami belum menyiapkan stock nya lagi. Kalau pun ada vitamin c lain yang kandungannya tidak besar yang tersisa,” ujar dia. Di toko online pun dari beberapa Ecommerce yang menjual vitamin C. Mengejutkan, harga yang ditawarkan melonjak hampir 50 persen bahkan 100 persen lebih.

Misal untuk vitamin C merek blackmores yang normalnya di kisaran Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu, kini dijual hampir Rp 500 ribu.

Untuk aplikasi jual beli obat Halodoc pun beberapa apotek yang bekerjasama menjual vitamin c sudah sangat jarang tersedia. Sebelumnya, mengonsumsi suplemen hanya salah satu dari berbagai cara untuk menjaga imunitas tubuh saat wabah COVID-19.

Harga yang umumnya berkisar Rp30 ribu sampai Rp40 ribu dalam aplikasi Halodoc sudah di atas Rp100 ribu per kemasan.(cnbc/tim)