Milenial jadi Word of The Year 2019 versi Kemendikbud

0
16
Mendikbud, Nadiem Makarim (kaldera/rtr)
Mendikbud, Nadiem Makarim (kaldera/rtr)

JAKARTA, kaldera.id – Seakan mengikuti status milenial Menteri Nadiem Makarim, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menjadikan kata “milenial” sebagai Kata Tahun Ini (KTI) atau Word of The Year 2019.

“Ini untuk pertama kalinya kami menetapkan KTI. KTI ditetapkan pada awal 2020 adalah kata tahun ini pada 2019,” ujar Pelaksana tugas Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Dadang Sunendar di Jakarta, seperti dilansir wartaekonomi, Selasa (7/1/2020).

Dadang menambahkan kata milenial memiliki dua makna, yakni berkaitan dengan milenium dan berkaitan dengan generasi yang lahir antara tahun 1980-an hingga 2000-an.

Dia menambah ada beberapa pertimbangan seperti kata milenial merupakan salah satu kata yang masuk dalam pencarian kata terpopuler, kata milenial merupakan kata yang digunakan dengan penggunaan tertinggi pada Maret 2019 menurut Google Trend.

Kata milenial menandai banyak peristiwa, kata milenial digunakan oleh berbagai kalangan dan pejabat hingga masyarakat umum, dan kata milenial memiliki keleluasaan distribusi bidang yang merata di seluruh Indonesia.

Dia menyebutkan kata milenial merupakan salah satu kata yang memiliki pencarian terbanyak di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yakni hingga 30 Desember 2019 mencapai 19.834 pencarian.(we/f rozi)