Ini 10 Universitas Terbaik Versi Webometric, USU Peringkat 8

Ini 10 Universitas Terbaik Versi Webometric, USU Peringkat 8
Ini 10 Universitas Terbaik Versi Webometric, USU Peringkat 8

JAKARTA,kaldera.id – Banyak para pelajar yang ingin masuk di Universitas Negeri, salah satunya para pelajar yang duduk di kelas 3 SMA. Bahkan kini tengah mempersiapkan diri untuk masuk perguruan tinggi. Tentu setiap siswa menginginkan kampus terbaik sebagai tempat menimba ilmu.

Sebuah daftar perguruan tinggi terbaik dunia dirilis Webometrics bisa dijadikan referensi. Berdasarkan hasil pemeringkatan yang dikeluarkan tahun ini, terungkap 10 universitas terbaik di Indonesia 2020.

Baru-baru ini Webometrics Ranking of World Universities mengeluarkan edisi terbarunya. Webometrics sendiri merupakan lembaga pemeringkatan asal Spanyol yang mempublikasi hasil mereka dua kali setahun. Untuk peringkatan tahun ini, data pun dikumpulkan sejak 1 Januari hingga 20 Juli.

Penilaian universitas terbaik di Indonesia dari Webometric ini percaya bahwa kehadiran web bisa menjadi indikator kinerja sebuah universitas.

Karena itu, Webometrics memberikan peringkat pada perguruan tinggi baik negeri maupun swasta berdasarkan empat indikator yakni ‘presence’, ‘visibility’, ‘transparency’, dan ‘excellence’.

Presence’ atau jumlah halaman website dari domain web utama mendapat bobot 5%, ‘Visibility’ atau jumlah eksternal link yang terhubung ke domain web perguruan tinggi yang terekam dalam situs pencarian berbobot 50%.

‘Transparency’ adalah jumlah kutipan dari 210 penulis teratas yang bersumber dari Google Scholar yang dinilai 10%. Sedangkan ‘Excellence’ merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya sivitas akademika yang terindeks pada jurnal internasional dengan reputasi tinggi bersumber dari Scimago yang bobotnya 35%.

Dalam pemeringkatan universitas edisi 20 Juli, 10 peringkat teratas diisi oleh perguruan tinggi negeri dan swasta. Universitas Indonesia pun menempati urutan pertama se-Indonesia dan kesembilan se-Asia Tenggara.

Berdasarkan empat faktor yang sudah disebutkan, berikut pemeringkatan 10 universitas terbaik di Indonesia dengan nilai terbaik. (finta rahyuni)

1. Universitas Indonesia
2. Institut Teknologi Bandung
3. Universitas Brawijaya
4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
5. Telkom University / Universitas Telkom
6. Universitas Gadjah Mada
7. Universitas Airlangga
8. Universitas Sumatera Utara
9. Universitas Diponegoro
10. Universitas Sebelas Maret UNS Surakarta