Kompetisi Sains Online, 750 Siswa di Indonesia Ikuti NESO 2020

MEDAN, kaldera.id – Sebanyak 750 lebih siswa dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti kompetisi sains online berskala nasional bertema There Is Science On Me, 26-27 Desember 2020.

National Educational Science Olympiad (NESO) Student Online 2020 ini diselenggarakan Yayasan Pelatihan Sains Pelajar Indonesia (YPSPI) melalui unit pelaksana program bidang pendidikan, sains, dan teknologi Forum Pelatihan Sains Pelajar Indonesia (Forpelindo).

“Kegiatan ini dalam rangka pengembangan bakat, minat, dan media mengasah kemampuan para siswa Indonesia dalam bidang sains dan teknologi,” ungkap Ketua Forpelindo, Herviani Sari kepada kaldera.id, Jumat (25/12/2020).

Kompetisi ini diikuti mulai dari tingkat SD/sederajat sampai SMA/sederajat. Dari kegiatan ini diharapkan para peserta bisa bersaing secara sportif.

“Kejujuran diutamakan. Apalagi kompetisi ini melalui online atau dari rumah akibat pandemik. Di hari pertama nanti tingkat SD dan SMP sederajat dan di hari kedua SMA/sederajat,” jelas Herviani.

Dia menambahkan, para peserta akan diuji seberapa jauh tingkat penguasaannya terhadap materi pada pembelajaran sains.

Tidak hanya itu, peserta juga akan diberikan tantangan berupa jenis soal HOTS (High Order Thinking Skills).

Dimana kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi andalan peserta dalam menjawab soal.

Untuk menambah semangat, para siswa berprestasi akan diberikan e-sertifikat yang dapat dilampirkan pada SNMPTN). Selain itu, soft file soal berikut lembahasan lengkap. Selain itu hadiah menarik bagi 10 terbaik.

“Kompetisi ini menggunakan sistem ujian Computer Based Test (CBT),” tambahnya.(reza sahab/rel)