Kemendikbud Minta Semua Dokumen Kisruh USU

Kampus Universitas Sumatera Utara (USU).
Kampus Universitas Sumatera Utara (USU).

MEDAN, kaldera.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan meminta seluruh dokumen terkait dengan permasalahan yang terjadi saat ini di Universitas Sumatera Utara dikirimkan lengkap dan segera.

Demikian antara lain disampaikan Direktorat Jenderal Dikti Muhammad Nizam yang bertindak mewakili menteri, dalam rapat Majelis Wali Amanat via virtual, Jumat (15/01/2021).

Kemendikbud antara lain meminta dokumentasi sejak pelaporan via online terkait tuduhan plagiat yang ditujukan kepada Muryanto Amin, Rektor USU terpilih, kemudian pembentukan tim oleh Rektor, rapat tim dan hasil pemeriksaan tim, serta dokumen penyertanya.

“Hal itu wajib dikirimkan, untuk nantinya menjadi bahan review dari Kemendikbud untuk dilakukan kajian baik secara administrasi, maupun bahan penelitian termasuk peraturan yang dipakai serta kajian akademik lainnya,” terang sumber mengutip Muhammad Nizam.

Nantinya setelah ada review baru kemudian dilakukan pemeriksaan kepada semua pihak sesuai dengan hirarki aturan administrasi.

Terpisah, juru bicara Rektor USU terpilih Dr. Edy Ikhsan SH MA menyampaikan semua pihak dapat menahan diri dan menunggu sikap resmi dari Kementerian. Hal itu perlu agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi terhadap permasalahan yang terjadi di USU.(finta rahyuni)