Prodi IP FIS UINSU Magangkan Mahasiswa di Perpustakaan UMSU

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UINSU Dr Abdul Karim (berpeci) menyerahkan plakat pada Kepala UPT Perpustakaan UMSU usai pelaksanaan PKL Mahasiswa.(ist)
Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan UINSU Dr Abdul Karim (berpeci) menyerahkan plakat pada Kepala UPT Perpustakaan UMSU usai pelaksanaan PKL Mahasiswa.(ist)

MEDAN, kaldera.id – Mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UINSU melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) atau magang di UPT Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) pada 4 Januari hingga 29 Januari 2022.

Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan FIS UINSU, Dr Abdul Karim Batubara, MA, mengatakan, mahasiswa melaksanakan magang selama 22 hari sejak awal Januari hingga akhir januari 2022. “Diharapkan nantinya dapat memberikan pengalaman untuk bekal menghadapi dunia kerja nantinya,” kata Abdul Karim, Selasa (1/2/2022).

UPT Perpustakaan UMSU menerima sebanyak 6 orang mahasiswa Universitas Islam Negri Sumatera Utara dari Fakultas Ilmu Sosial Prodi Ilmu Perpustakaan. Abdul Karim berterimakasih dan berpesan kepada mahasiswa untuk menghasilkan inovasi baru untuk ke depannya.

Dr. Abdul Karim mengatakan dalam PKL periode ini, Prodi Ilmu Perpustakaan, menempatkan seluruh mahasiswanya ke sejumlah lokasi di antaranya, Perpustakaan UINSU, Perpustakaan STIP-AP, Perpustakaan Universitas Pancabudi, Perpustakaan Unimed, Dinas Perpustakaan Kota Medan, Perpustakaan UISU, hingga Perpustakaan Polda Sumut.

Kepala UPT Perpustakaan UMSU, Assoc, Prof. Muhammad Arifin,M.Pd, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengenalan serta pemahaman yang komprehensif mengenai pengelolaan pelayanan perpustakaan bagi pustakawan di Perpustakaan. “Semoga apa yang sudah lakukan selama magang di sini dapat bermanfaat,” katanya.

Thoyyib, selaku perwakilan dari mahasiswa UIN SU yang melaksanakan PKL juga mengucapkan terima kasih dan menyampaikan kesannya selama di Perpustakaan UMSU. Mereka jadi banyak belajar, tidak hanya tentang ilmu perpustakaan tetapi juga belajar tentang sistem informasi yang berada di UPT Perpustakaan UMSU.

Selanjutnya, acara ini ditutup dengan penyerahan plakat dan kenang-kenangan dari mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN SU kepada Kepala UPT Perpustakaan UMSU.(rel/red)