7 Rekomendasi Tempat Berlibur Akhir Pekan Di Sumut

0
739
Akhir pekan cocok diisi dengan kegiatan berlibur bersama keluarga. Di Provinsi Sumatera Utara banyak destinasi wisata alam yang memiliki keindahan luar biasa dan cocok dikunjungi bersama keluarga.

 

MEDAN, kaldera.id – Akhir pekan cocok diisi dengan kegiatan berlibur bersama keluarga. Di Provinsi Sumatera Utara banyak destinasi wisata alam yang memiliki keindahan luar biasa dan cocok dikunjungi bersama keluarga.

Berikut ini detikSumut sajikan informasi mengenai tujuh lokasi destinasi wisata favorit yang cocok untuk pergi bersama keluarga. Keindahan tempat tersebut seperti surga dunia.

1. Bukit Gundaling
Bukit Gundaling menawarkan panorama indah Sinabung dan Kota Berastagi dari atas dataran tinggi.

Untuk menuju lokasi, detikers akan menempuh jarak tempuh menuju Bukit Gundaling dari Medan dengan memakan waktu 2,5 jam dengan jarak tempuh 69 km.

Pengunjung yang akan berkunjung ke Bukit Gundaling akan dikenakan biaya parkir Rp 5.000 – Rp 10.000. Serta uang masuk Rp 7.00 per kepala yang dibayar di pintu masuk.

Di Bukit Gundaling, detikers dapat melakukan beragam aktivitas mulai dari foto di berbagai spot menarik, naik kuda dari Bukit Gundaling ke Pasar Buah Berastagi dalam satu putaran dengan biaya Rp 40 ribu per orang.

2. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso dapat jadi pilihan detikers untuk berwisata alam dengan pemandangan air terjun yang indah dan segar.

Lokasinya berada di Desa Tongging, Pengambaten, Merek, Karo, Sumatera Utara. Jarak tempuh dari Medan sekitar 101 km atau selama 3,5 jam dari Kota Medan.

Untuk bisa berkunjung tempat ini hanya perlu mengeluarkan uang Rp 4 ribu untuk tiket masuk dan Rp 5 ribu biaya parkir kendaraan.

3. Danau Lau Kawar

Danau Lau Kawar juga bisa dijadikan destinasi penghilang penat setelah seharian bekerja. Lokasinya berada di bawah kaki gunung berapi Sinabung, Kabupaten Karo, Sumut.

Untuk mencapai lokasi ini butuh jarak tempuh 3 jam atau sekitar 89 km dari Medan.

Perlu diingat bahwa bagi detikers tetap wajib membayar tiket parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp. 10.000 untuk roda empat.

4. Tangkahan
Wisata Tangkahan dapat menjadi destinasi menarik di Langkat. Lokasinya berada di Desa Namu Sialang, Kecamatan Batang Serangan.

Apabila dari Kota Medan, detikers dapat menempuh jarak sekitar 99 km atau sekitar 3 jam.

Ada berbagai kegiatan yang dapat dilakukan seperti tubing menyusuri sungai dengan menggunakan ban dengan merogoh kocek seharga Rp 250 ribu dan juga dapat berfoto dengan gajah Sumatera.

Nah, detikers yang ingin menginap juga ada berbagai Guest House indah dengan harga cukup terjangkau mulai dari Rp 450 ribu per kamar dengan berbagai ukuran.

5. Pantai Bali Lestari

Apabila ingin menikmati liburan bersama keluarga dengan tema keindahan laut, Pantai Bali Lestari menjadi salah satu tempat yang cocok.

Bukan hanya melihat pemandangan laut, pengunjung yang datang ke tempat ini seakan-akan diajak berwisata ke Pulau Bali.

Lokasi Pantai Bali Lestari terletak di Jl Pematang Pasir, Pantai Cermin, Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Jarak tempuhnya 1 jam atau 53 km dari Kota Medan.

Biaya yang dikenakan biaya jika detikers datang ke tempat ini hanya Rp 15 ribu per orang. Dengan biaya terjangkau, detikers dapat bersantai dengan menyewa pondok sambil menikmati deburan ombak. Selain itu, ada berbagai kuliner seafood yang dapat dinikmati.

6. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap terletak di bawah daerah Penatapan Doulu, Kabupaten Karo. Untuk sampai ke lokasi, wisatawan dapat menempuh jarak 53,7 km atau 2 jam dari Kta Medan.

Bagi wisatawan yang berkunjung dapat membayar tiket masuk, di antaranya Rp 5 ribu (pejalan kaki), Rp 20 ribu (sepeda motor), Rp 60 ribu (mobil).

Sesampai di pintu masuk, wisatawan perlu trekking sekitar 10-15 menitan untuk mencapai lokasi air terjun.

Air Terjun Sikulikap menjadi wisata populer warga perkotaan lantaran memiliki lokasi yang tak terlalu jauh dan juga menawarkan panorama alam yang indah dan juga Instagramable.

Selain menikmati pemandangan air terjun, wisatawan yang hobi berkemah juga dapat memasang tenda di lokasi khusus dengan suasana yang indah.

7. Bukit Lawang
Jika ingin mendapat pengalaman berbeda, detikers bisa berkunjung ke Wisata Alam Bukit Lawang. Lokasinya Selatan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) sekitar 120 kilometer barat laut Medan Ibukota Sumatera Utara.

Selain terkenal karena pelestarian orang utan, Bukit Lawang juga menjadi tempat pelestarian bagi beberapa flora dan fauna yang dilindungi. Contoh fauna yang ada di Bukit Lawang seperti badak, gajah, dan harimau.

Wisata berikutnya yang terdapat di Bukit Lawang adalah wisata Tubing. Dikarenakan posisi Bukit Lawang yang dekat dengan arus sungai Bahorok, dengan arus sungai yang begitu deras, wisata ini cocok sekali untuk anda yang senang dengan permainan yang memacu adrenalin seperti arum jeram (Rafting). (det)