4 Tips Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Hilangkan Noda Minyak Di Pakaian

Noda minyak menjadi menjadi salah satu noda atau masalah yang kerap mengenai pakaian. Biasanya, noda minyak berwarna kuning atau kecokelatan.
Noda minyak menjadi menjadi salah satu noda atau masalah yang kerap mengenai pakaian. Biasanya, noda minyak berwarna kuning atau kecokelatan.

 

MEDAN, kaldera.id – Noda minyak menjadi menjadi salah satu noda atau masalah yang kerap mengenai pakaian. Biasanya, noda minyak berwarna kuning atau kecokelatan. Tentu saja, noda minyak yang menempel membuat pakaian terlihat buruk. Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Noda Minyak dari Pakaian Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menghilangkan noda minyak dari pakaian.

Anda mungkin berpikir hal ini membutuhkan pembersih komersial atau terpaksa membuangnya ke tempat sampah. Menghilangkan noda minyak dari pakaian mungkin tampak seperti pekerjaan yang tidak pernah selesai. Namun, sebenarnya ini pekerjaan yang cukup mudah dibersihkan dengan bahan-bahan alami, bahkan pada pakaian yang hanya bisa dicuci kering.

Nah, dikutip dari Love to Know, Jumat (9/6/2023), berikut sejumlah bahan alami untuk menghilangkan noda minyak dari pakaian.

Sabun cuci piring

Sabun cuci piring adalah salah satu bahan yang dapat menghilangkan noda minyak dari pakaian. Berikut cara memanfaatkannya:

1. Letakkan selembar karton di bawah pakaian di belakang noda minyak.
2. Gunakan pengikis, seperti ujung pisau mentega yang tumpul, untuk menghilangkan sebanyak mungkin noda minyak berlebih.
3. Tepuk-tepuk noda minyak dengan sedikit tisu atau serbet, lalu tambahkan satu atau dua tetes sabu ke pakaian yang terkena noda minyak.
4. Biarkan meresap selama lima hingga 10 menit, gunakan jari-jari Anda atau sikat gigi untuk menggosokkannya ke noda minyak.
5. Basahi kain putih bersih dan bersihkan noda minyak. Biarkan mengering dan periksa apakah masih ada sisa minyak yang tertinggal. Ulangi sesuai kebutuhan hingga noda minyak benar-benar hilang.

Baking soda

Selanjutnya, bahan alami untuk menghilangkan noda minyak dari pakaian adalah menggunakan baking soda. Bahan alami sangat bagus menggosok noda membandel dan menyerap minyak berlebih.
1. Taburi seluruh noda dengan baking soda, lalu gunakan sikat gigi untuk menggosok noda minyak.
2. Diamkan baking soda selama mungkin. Sebaiknya, semalaman untuk hasil lebih baik.
3. Setelah itu, gosok kembali baking soda dengan sikat gigi, kemudian kibaskan sisa-sisa baking soda.

4. Jika masih ada noda minyak yang tersisa, tambahkan lebih banyak baking soda atau campurkan cuka putih dan air dengan perbandingan sama ke dalam botol semprot.
5. Semprot noda minyak dengan campuran cuka dan gunakan sikat gigi untuk meratakannya.
6. Selanjutnya, bersihkan dengan kain. Ulangi seperlunya sampai semua noda minyak hilang.

Kapur

Ketika tidak bisa langsung melepas pakaian atau memiliki noda minyak sangat kecil, Anda mungkin ingin mencoba kapur tulis sebagai solusi cepat di rumah.
Kapur cukup mudah digunakan dan menghilangkan noda minyak dari pakaian dengan baik. Ingatlah menggunakan kapur putih. Berikut cara melakukannya:
1. Gosokkan kapur ke seluruh bagian noda minyak pada pakaian. ‘
2. Biarkan selama lima sampai 10 menit atau lebih sampai kapur menyerap semua noda minyak.
3. Jika tidak berhasil setelah putaran pertama, ulangi kembali, dan cuci pakaian seperti biasa sampai noda minyak hilang.

Cuka Putih

Jika label cucian pada pakaian bertuliskan “hanya cuci kering”, yang terbaik adalah membawanya ke binatu sesegera mungkin. Namun, jika noda kecil, Anda dapat mencoba menghilangkan noda minyak dari pakaian sendiri.

Ingat, jika menyangkut barang yang hanya bisa dicuci kering, lakukan dengan hati-hati. Jika ragu, kirimkan saja ke jasa binatu,

1. Hilangkan noda minyak dengan mengeroknya dari pakaian, kemudian taburkan baking soda pada noda minya, lalu gosok dengan sikat gigi.

2. Diamkan selama lima hingga 25 menit untuk menyerap noda minyak secara maksimal, lalu bersihkan baking soda.

3. Jika noda minyak masih membandel, basahi kain dan tambahkan setetes sabun cuci piring ke dalamnya, dan usapkan pada noda minyak.

4. Setelah itu, biarkan selama lima hingga 10 menit. Oleskan dengan air saja dan biarkan hingga kering.

Nah, berikut cara menghilangkan noda minyak dari pakaian. (kompas)