Narkoba Ancam Generasi Muda, Dispora Ingin Pelajar di Sumut Jauhi Perilaku Menyimpang

0
169
Kabid Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Sumut Fahri Azhari (tiga dari kanan) dan narasumber lainnya saat hadir dalam Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba dan Perilaku Menyimpang 2023 di Tebing Tinggi.(kaldera/HO)
Kabid Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Sumut Fahri Azhari (tiga dari kanan) dan narasumber lainnya saat hadir dalam Penyuluhan Pencegahan Penggunaan Narkoba dan Perilaku Menyimpang 2023 di Tebing Tinggi.(kaldera/HO)

TEBING TINGGI, kaldera.id – Sebanyak 100 siswa di Kota Tebing Tinggi mendapatkan pencerahan tentang pencegahan penggunaan narkoba dan perilaku menyimpang dari Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan (Dispora) Sumatera Utara di Gedung Hj Sawiyah, Tebing Tinggi, Selasa (25/7/2023).

Para siswa diharapkan menjadi perpanjangan tangan pemerintah menjaga generasinya dari hal-hal negatif untuk menghindari lost generation.

Kepala Dispora Sumut Baharuddin Siagian mengatakan, kalangan pelajar dan pemuda mesti memiliki bekal yang memadai untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.

“Pelajar dan pemuda merupakan elemen penting dalam upaya melakukan pemberantasan narkoba. Jadi kita minta untuk bersama-sama ikut mengkampanyekan bahaya penggunaan barang haram ini kepada masyarakat luas,” kata Baharuddin didampingi Sekretaris Dispora, M Ismail, M.Si dalam siaran persnya, Rabu (2/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Disporasu mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi yang telah bekerjasama dalam kegiatan penyuluhan narkoba dan perilaku menyimpang pada pelajar.

Turut hadir Kepala Disporapar Kota Tebing Tinggi, Syahdama Yanto, AP. “Diharapkan dengan kegiatan ini, muncul pelajar yang berkarakter, produktif dan mampu menjawab tantangan zaman,” kata Baharuddin yang didamping Ketua Panitia, Raikhana Syahbi, SH.

Peserta kegiatan mencakup 100 siswa dari 10 tingkat SMA/SMK/MAN di Tebing Tinggi seperti SMAN 1 Tebing Tinggi, SMAN 2 Tebing Tinggi, SMAN 3 Tebing Tinggi, SMAN 4 Tebing Tinggi.

Kesadaran Generasi Muda

Kemudian perwakilan SMA Muhammadiyah, SMA Dipanegara, SMA IT Permata Hati, SMKN 1 Tebing Tinggi, SMKN 2 Tebing Tinggi, SMKN 3 Tebing Tinggi, SMK Ganda Husada, SMK Al Washliyah, MAN Tebing Tinggi, dan MA Al Washliyah.

“Kami berharap kalangan pelajar/siswa di Sumatera Utara semakin kuat untuk menghadapi tantangan di masa depan,” bebernya.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini antara lain Kadis Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut H Baharuddin Siagian, SH, M.Si, Syahdama Yanto, AP, Alexander Soeki (Kepala BNN Tebing Tinggi), HM David Saragih (Kepala Kemenag Tebing Tinggi) dan Heru Herlambang (pengelola Loka Pusat Rehabilitasi BNN Deliserdang).

Sebelumnya, Kepala Bidang Layanan Kepemudaan dan Kepramukaan Dispora Sumut, Fahri Azhari, SSTP, MSP, mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan terbangun kesadaran generasi muda akan bahaya penyalahgunaan narkoba.

Kemudian mereka juga mampu menghempang penyebaran dan memberikan informasi tersebut kepada teman dan lingkungannya secara berkelanjutan.

“Kemudian meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan penguasaan materi guna mengatasi permasalahan yang dihadapi generasi muda dari bahaya pornografi, narkoba, perdagangan manusia dan HIV/AIDS sebagai wujud perlindungan generasi muda dari lost generation,” ujarnya.(efri surbakti)