Bulan Syaban Datang, Ini Doa yang Dianjurkan Jelang Ramadhan

Umat Islam dapat membaca doa bulan Syaban ketika memasuki malam pertama bulan tersebut. Doa bulan Syaban berisi permohonan agar dilimpahkan berkah dan kebaikan oleh Allah Swt menjelang bulan suci Ramadhan.
Umat Islam dapat membaca doa bulan Syaban ketika memasuki malam pertama bulan tersebut. Doa bulan Syaban berisi permohonan agar dilimpahkan berkah dan kebaikan oleh Allah Swt menjelang bulan suci Ramadhan.

 

MEDAN, kaldera.id – Umat Islam dapat membaca doa bulan Syaban ketika memasuki malam pertama bulan tersebut. Doa bulan Syaban berisi permohonan agar dilimpahkan berkah dan kebaikan oleh Allah Swt menjelang bulan suci Ramadhan.

Dalam bahasa Arab, syaban berasal dari kata syi’ab yang berarti ‘jalan di atas gunung’. Hal ini digunakan untuk memaknai bulan Syaban sebagai waktu untuk menemukan banyak jalan demi mencapai kebaikan.

Bulan Syaban adalah bulan ke-8 dalam kalender Hijriah yang dimuliakan Allah Swt sebagaimana hal itu dijelaskan dalam hadis berikut.

Rasulullah SAW bersabda: “Bulan Syaban adalah bulan mulia yang dilupakan orang karena letaknya antara bulan Rajab dan bulan Ramadan.” (HR Abu Dawud dan An-Nasai)

Pada bulan Syaban, umat Islam dianjurkan mempersiapkan diri menyambut Ramadan dengan memperbanyak sedekah, berdoa, dan beribadah supaya diampuni segala dosanya oleh Allah Swt.

Merujuk kalender Hijriah Kemenag, 1 Syaban 1445 Hijriah jatuh pada Minggu atau Ahad, 11 Februari 2024. Dengan demikian, malam 1 Syaban 1445 H sudah dimulai sejak matahari terbenam pada 29 Rajab atau Sabtu, 10 Februari 2024 malam.

Sementara malam Nisfu Syaban akan berlangsung di pertengahan bulan Syaban pada Sabtu, 24 Februari 2024 malam hingga Minggu, 25 Februari 2024 dini hari.

Bunyi doa bulan Syaban

Di bawah ini terdapat bunyi doa bulan Syaban 2024 seperti yang pernah dibaca Rasulullah Saw.

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Arab-latin: Allahumma barik lana fi Rajaba wa Sya’bana wa ballighna Ramadhana.

Artinya: “Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan bulan Syaban. Sampaikan kami dengan bulan Ramadan.”

Dilansir dari laman NU Online, redaksi hadis doa tersebut diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab Musnad Ahmad yang berbunyi sebagai berikut:

حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ، حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ، عَنْ زَائِدَةَ بْنِ أَبِي الرُّقَادِ، عَنْ زِيَادٍ النُّمَيْرِيِّ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ قَالَ: اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَارِكْ لَنَا فِي رَمَضَانَ. وَكَانَ يَقُولُ: لَيْلَةُ الْجُمُعَةِ غَرَّاءُ وَيَوْمُهَا أَزْهَرُ

Artinya: “Abdullah menceritakan kepadaku: “Ubaidillah bin Umar menceritakan kepadaku, dari Zaidah bin Abir Ruqad, dari Ziyad An-Numairi, dari Anas bin Malik, ia berkata: “Ketika masuk bulan Sya’ban Nabi Saw sering berdoa: “Ya Allah, berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.” Beliau juga bersabda: “Malam Jumat adalah yang indah dan hari Jumat adalah hari yang cerah.” (HR Ahmad).

Keutamaan bulan Syaban

Dirangkum berbagai sumber, berikut sejumlah keutamaan bulan Syaban yang perlu diketahui.

1. Dibukanya pintu kebaikan
Pada bulan Syaban, Allah SWT membuka pintu-pintu kebaikan sekaligus menurunkan berkah bagi seluruh umatnya. Doa-doa yang dibaca di bulan Syaban insya Allah akan terpenuhi bagi siapa saja yang memohon kepada Allah Swt.

خَمْسُ لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فِيْهِنَّ الدَّعْوَةُ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

Artinya: “Ada lima malam di mana doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Jumat, malam Idulfitri, dan malam Iduladha.”

2. Perintah selawat pada Rasulullah Saw
Allah SWT menurunkan ayat perintah berselawat kepada Nabi Muhammad SAW selaku khairul barriyat (makhluk yang paling mulia) dalam Surat Al-Ahzab ayat 56 pada bulan Syaban.

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapakanlah salam penghormatan kepadanya.”

3. Pengampunan dosa di malam Nisfu Syaban
Nisfu Syaban menjadi salah satu malam penting di bulan Syaban. Di malam ini, pintu-pintu pengampunan dosa terbuka. Pada malam Nisfu Syaban, umat Muslim dianjurkan memperbanyak amalan sunah.

“Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Syaban, maka Dia mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan.” (HR Ibnu Majah dan Ath-Thabrani).

Amalan di bulan Syaban

Memasuki bulan Syaban ada banyak amalan yang bisa dikerjakan umat Muslim. Berikut amalannya.

1. Menunaikan puasa sunah
Puasa sunah di bulan Syaban termasuk amalan baik yang sering dikerjakan Rasulullah.

Dari Aisyah ra berkata: ‘Rasulullah SAW tidak pernah melaksanakan saum lebih banyak dalam sebulan selain Syaban. Beliau hampir melaksanakan saum pada Syaban seluruhnya.’ (HR Bukhari)

2. Bersedekah
Memberi sedekah kepada para kaum duafa atau orang-orang yang tidak mampu bisa menjadi alaman baik yang dikerjakan di bulan Syaban.

“Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahumullah mengatakan, ‘Kami menerima riwayat dengan sanad dhaif dari Anas RA yang mengatakan bahwa ketika bulan Syaban, umat Islam tertunduk pada mushaf Al Quran. Mereka menyibukkan diri dengan tadarus dan mengeluarkan harta mereka untuk membantu kelompok duafa dan orang-orang miskin dalam menyongsong bulan Ramadan'” (Lihat Sayyid Muhammad bin Alwi bin Abbas Al-Maliki, Ma Dza fi Sya’ban?, cetakan pertama, 1424 H, halaman 44).

3. Beristigfar
Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan bahwa di bulan Syaban hendaknya memperbanyak istigfar kepada Allah SWT.

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف، وهو من أسباب تيسير الرزق، ودلت على فضله نصوص الكتاب، وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم، وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب، وإذهاب للهموم ودفع للغموم

Artinya: “Istigfar merupakan amalan utama yang harus dibiasakan orang Islam, terutama pada waktu yang memiliki keutamaan, seperti Syaban dan malam pertengahannya. Istigfar dapat memudahkan rezeki, sebagaimana dijelaskan dalam Alquran dan hadis. Pada bulan Syaban pula dosa diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.”

4. Perbanyak doa memohon ampun
Rasulullah SAW menyatakan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ad-Dailami, Imam ‘Asakir, dan Al-Baihaqy sebagai berikut.

خَمْسُ لَيَالٍ لَا تُرَدُّ فِيْهِنَّ الدَّعْوَةُ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَلَيْلَةُ الجُمْعَةِ وَلَيْلَتَيِ العِيْدَيْنِ

Artinya: “Ada lima malam ketika doa tidak tertolak pada malam-malam tersebut, yaitu malam pertama bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Jumat, malam Idul Fitri, dan malam Idul Adha.”

Itulah bacaan doa bulan Syaban 2024 yang dilengkapi dengan keutamaan serta amalannya untuk dikerjakan umat Muslim. (cnn)