Mahasiswa FDK UINSU Lolos ke IYS 2024 Turki: Inspiratif ke Tingkat Internasional

Irma Yanti (tiga dari kiri) foto bersama para Wakil Dekan FDK UINSU jelang keberangkatan ke Istanbul, Turki. Irma dan Fatimah Zahara, mahasiswa KPI FDK UINSU akan mengikuti IYS 2024 di Turki, 4-7 Maret 2024.(HO/kaldera)
Irma Yanti (tiga dari kiri) foto bersama para Wakil Dekan FDK UINSU jelang keberangkatan ke Istanbul, Turki. Irma dan Fatimah Zahara, mahasiswa KPI FDK UINSU akan mengikuti IYS 2024 di Turki, 4-7 Maret 2024.(HO/kaldera)

MEDAN, kaldera.id – Prestasi menggembirakan kembali diraih oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU). Dua mahasiswa dari Program Studi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) memastikan tempat dalam kancah internasional dengan lolosnya mereka ke program Istanbul Youth Summit (IYS) 2024 yang akan berlangsung di Turki, 4 Maret 2024 – 7 Maret 2024 mendatang.

Irma Yanti Lubis dan Fatimah Zahra, mahasiswa semester VI dari Prodi KPI, telah berhasil menembus seleksi ketat yang dilakukan oleh panitia Istanbul Youth Summit. Mereka akan mewakili FDK UINSU sebagai presenter untuk memaparkan paper mereka di hadapan para peserta dari berbagai belahan dunia.

“Keberhasilan Irma dan Fatimah ini tidak hanya membanggakan bagi FDK UINSU, tetapi juga bagi Indonesia secara keseluruhan. Mereka menjadi contoh nyata bahwa mahasiswa Indonesia memiliki kemampuan dan potensi untuk bersaing di tingkat internasional,” ujar Dr. Anang Anas Azhar MA, Wakil Dekan III FDK UINSU yang mewakili Dekan Prof Dr Hasan Sazali MA, Jumat (1/3/2024).

Prestasi dua mahasiswa ini juga menunjukkan komitmen FDK UINSU dalam mempersiapkan mahasiswanya untuk bersaing secara global. Dengan didukung oleh Ketua Prodi KPI Dr Irma Yusriani Simamora, Sekretaris Prodi Dika Sahputra, M.Pd, dan dosen Andini Nur Bahri, MA, Irma dan Fatimah telah menunjukkan bahwa pendidikan yang diberikan oleh FDK UINSU mampu menghasilkan individu-individu unggul yang siap mengukir prestasi di tingkat internasional.

Menginspirasi Mahasiswa FDK

“Kami berharap keberhasilan Irma dan Fatimah ini akan menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain di FDK UINSU dan fakultas lain di lingkungan UINSU Medan. Mereka membuktikan bahwa tidak ada batasan bagi mereka yang memiliki tekad dan kerja keras untuk meraih mimpi,” tambah Dr. Hasnun Jauhari Ritonga MA, Wakil Dekan II FDK UINSU.

Dengan semangat yang membara, Irma dan Fatimah berangkat meninggalkan Tanah Air menuju Turki pada Sabtu malam, 2 Maret 2024. Mereka siap untuk mengharumkan nama baik Indonesia khususnya Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSU dalam ajang Istanbul Youth Summit, membawa serta kebanggaan dan inspirasi bagi generasi muda Indonesia.

IYS 2024 adalah pertemuan internasional ketujuh yang diselenggarakan oleh YBB Foundation di Istanbul. Kegiatan ini akan mendorong anak muda yang melampaui batasan kemampuan mereka untuk mendiskusikan dan mengambil tindakan dalam tema “Inovasi dan Kolaborasi: Membuka Solusi yang Didorong oleh Pemuda untuk Keberlanjutan”.

Dengan tema ini, IYS 2024 juga mendorong para pemuda dari berbagai latar belakang dan sektor untuk berkolaborasi dan memanfaatkan kemampuan kepemimpinan mereka dalam membantu dan mewujudkan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.(efri surbakti/red)