FDK Sosialisasi PMB di Pakpak Bharat, UINSU Siap Perkuat SDM Daerah

Ketua Tim Sosialisasi FDK UINSU Prof. Dr. Zainal Arifin (tiga dari kiri) menyerahkan plakat pada Camat PGGS Pakpak Bharat, Perhatian Manik, SE, MM saat kunjungan ke daerah itu. UINSU siap mendukung penguatan SDM di Pakpak Bharat.(HO/kaldera.id)
Ketua Tim Sosialisasi FDK UINSU Prof. Dr. Zainal Arifin (tiga dari kiri) menyerahkan plakat pada Camat PGGS Pakpak Bharat, Perhatian Manik, SE, MM saat kunjungan ke daerah itu. UINSU siap mendukung penguatan SDM di Pakpak Bharat.(HO/kaldera.id)

PAKPAK BHARAT, kaldera.id – Tim Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) Tahun Ajaran 2024/2025 melakukan sosialiasi ke Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara pada 5 Maret – 6 Maret 2024.

Tim ini terdiri dari Prof. Dr. Zainal Arifin, MA (Ketua Prodi S3 KPI), Dr. Fakhrur Rozi, S.Sos, M.I.Kom (Sekretaris Prodi S3 KPI), Dika Sahputra (Sekretaris Prodi S1 KPI), Rediono, SE (Pengembang Pegawai Subbag AUK FDK) dan Arief Rahman, M.Sos (Staf Prodi S3 KPI).

Tempat pertama, Tim Sosialisasi mengunjungi Kecamatan Pergetteng Getteng Sengkut (PGGS). Di kecamatan ini, diketahui menjadi domisili puluhan mahasiswa UIN Sumatera Utara.

Camat PGGS Perhatian Manik, SE, MM dan Sekretaris Kecamatan, Wardi Manik, S.Sos, menerima dengan hangat kehadiran tim FDK UINSU.

“Secara umum, mahasiswa UINSU yang berasal dari PGGS sekitar 30 orang. Kami mengetahui hal ini, karena tahun lalu ada tim UINSU yang datang untuk survei calon penerima KIP,” kata Camat PGGS.

Wardi Manik, S.Sos, menambahkan, pihaknya akan turut mensosialisasikan UINSU di Pakpak Bharat. Khusus di Kecamatan PGGS, kata dia, jumlah penduduk muslim cukup besar.

“Dengan data yang ada, kami berharap tentu akan semakin banyak putra daerah Pakpak Bharat yang melanjutkan pendidikan tinggi ke UIN Sumatera Utara,” kata Wardi.

Prof. Dr. Zainal Arifin, MA, menambahkan FDK memiliki empat program studi S1 yakni Komunikasi dan Penyiaran Islam, Manajemen Dakwah, Bimbingan Penyuluhan Islam dan Pengembangan Masyarakat Islam. Kemudian satu prodi S2 KPI dan satu Prodi S3 KPI.

Menurutnya, dengan potensi yang ada di Pakpak Bharat sangat dibutuhkan sumber daya manusia yang terjaga. “Kami melihat Pakpak Bharat ini harus terus berkembang dengan kemajuan masyarakatnya. Aspek pendidikan adalah salah satu penunjungnya,” katanya.

UINSU kata dia, siap menjadi salah satu pendukung kemajuan Pakpak Bharat dari sisi sumber daya manusia. Mengenai biaya pendidikan, kata Prof Zainal, saat ini bukan lagi hambatan.

“Sebab cukup banyak beasiswa yang bisa diakses mahasiswa. Baik itu yang dari negara, UINSU maupun pihak-pihak yang menjadi mitra UINSU,” pungkasnya.

Usai berbincang, tim berfoto bersama dengan menyerahkan plakat dan brosur PMB 2024/2025. “Dalam waktu dekat ada MTQ tingkat kecamatan. Nanti akan kami sampaikan tentang UINSU di kegiatan itu,” kata Wardi Manik.

Bertemu Calon Mahasiswa UINSU di Sibande

Selanjutnya, tim mengunjungi Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Sibande, di Kecamatan Sitelutali Urang Jehe, Pakpak Bharat. Di tempat ini, tim memberikan motivasi agar para siswa bersemangat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

“Tekadkan diri untuk kuliah. Kuncinya adalah kemauan, pasti ada jalan,” kata Prof Zainal.

Dalam sesi tanya jawab, siswa cukup antusias. Dari situ diketahui, salah seorang mahasiswa di MAS Sibande, Atmalia, ternyata sudah mendaftar jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) ke Prodi Ilmu Gizi, FKM UINSU. “Saya mendaftar di Ilmu Gizi,” katanya.

Mendengar itu, Dika Sahputra, M.Pd, mendoakan agar Atmalia dapat lulus lewat jalur SNBP. “Bagi teman-teman yang belum mendaftar SNBP, dapat mendaftar ke UINSU khususnya FDK lewat jalur UM-PTKIN, SNBT maupun Seleksi Mandiri UINSU. Informasinya dapat diakses di website fdk.uinsu.ac.id. Semoga sukses untuk semuanya,” katanya yang turut dihadiri Wakil Kepala MAS, Syahriani, S.Pd.(efri surbakti/red)