Sinabung Erupsi Senin Pagi, Tinggi Kolom Abu 5.000 Meter dari Puncak

MEDAN, kaldera.id- Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali mengalami erupsi pada Senin (10/8/2020) pukul 10.16 WIB.

Mengutip situs resmi Magma Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), tinggi kolom abu pada pagi ini sekitar 5000 meter di atas puncak. Sebagaimana diketahui Gunung Sinabung sendiri berada pada status Level III (Siaga) sejak 20 Mei 2019.

Akibatnya, masyarakat dan wisatawan dianjurkan untuk tidak melakukan aktivitas di desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral lima kilometer untuk sektor selatan-timur, dan empat km sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Masyarakat juga diminta mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Sedangkan masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai yang berhulu di Sinabung diminta tetap waspada terhadap bahaya lahar. (finta rahyuni)