Danau Toba Super Prioritas, Ini Janji Kementerian Pimpinan Wishnutama

HUMBAHAS, kaldera.id – Danau Toba merupakan satu dari lima objek pariwisata super prioritas yang ditetapkan Presiden Jokowi. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengaku akan terus mempromosikan.

“Banyak yang tahu Geosite Sipinsur dengan keindahan alamnya. Masyarakat bisa menikmati panorama alam dari sini. Nah, inilah yang terus dipromosikan,” ungkap Afrida Pelita Sari selaku Koordinator Promosi Wisata Minat Khusus Buatan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kepada wartawan disela -sela pelepasan Geobike Kaldera Toba ke-6 kerjasama dengan Rumah Karya Indonesia, Sabtu (5/9/2020).

Menurutnya Kemenpar dan Ekraf terus mendorong dilakukannya promosi terkait Danau Toba dan objek wisata disekitarnya. Selain itu, pihaknya juga mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan pelaku wisata maupun komunitas -komunitas yang mengarah membangkitkan kembali pariwisata di Danau Toba di suasana adaptasi kebiasaan baru ini.

“Setelah ini berjalan, kami juga akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait guna mempercepat kemajuan pariwisata untuk mewujudkan lima super prioritas ini,” ucapnya.

Dia menambahkan, selain promosi, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan lima super prioritas tersebut. Pertama, amminitas yang meliputi hotel, homestay dan lainnya.

Kedua, aksesbilitas yang meliputi kemudahan akses masyarakat menuju kawasan wisata tersebut. Termasuk, transportasi maupun infrastruktur. Hal ini memang masih banyak dibenahi. Termasuk pembuatan rest area. “Inilah menjadi tugas pemerintah setempat memikirkannya dan menggandeng investor untuk mewujudkannya,” tambahnya.

BACA JUGA :  Pemprovsu Apresiasi BPODT Bangun Kawasan Danau Toba

Terakhir adalah atraksi. Menurutnya atraksi seni dan budaya cukup banyak. Mengingat etnis yang ada di kawasan Danau Toba kaya akan seni dan budaya untuk ditampilkan kepada pengunjung wisatawan.

Sementara itu, Kadis Pariwisata Humbang Hasundutan (Humbahas), Sabam Purba mengungkapkan, sebagai salah satu kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba tentunya mereka mulai berbenah.

Beberapa hal yang dilakukan yakni, mempromosikan wisata yang ada melalui berbagai kegiatan. Banyak objek wisata yang ada di Humbahas ini, mulai dari Geosite Sipinsur, Lembah Bakara, Air Terjun Janji, Puncak Gotik, Sileme Leme, dan lainnya. Artinya, Humbahas kaya akan wisata alam dan sejarah. Kemudian membenahi akses menuju objek wisata tersebut.

“Salah satu promosi yang dilakukan mendukung Geobike Kaldera Toba ke-6 ini. Sedangkan untuk pembenahan aksesbilitas yakni, perbaikan Jalan dari Sipinsur menuju Bakara. Kemudian dari Bakara ke Danau Toba. Untuk anggarannya dari APBD maupun APBN,” jelasnya.

Tidak hanya sekadar promosi dan perbaikan infrastruktur semata, pihaknya juga akan membenahi SDM terkait pariwisata. Salah satunya, memberikan pelatihan kepada pemandu dan pelaku wisata. “Rencananya Oktober ini mulai dilakukan. Mengingat, Danau Toba masuk lima super prioritas. Dimana, kami merupakan bagian dari itu,” katanya.(reza sahab)