KNPI Sumut: Syekh Arsyad Thalib Lubis Layak jadi Pahlawan Nasional

MEDAN, kaldera.id – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sumatera Utara mendukung penetapan pahlawan nasional kepada pendiri Al Washliyah Syeikh Muhammad Arsyad Thalib Lubis.

Ketua DPD KNPI Sumut, Samir Pohan, menilai Muhammad Arsyad Thalib Lubis layak diberikan gelar pahlawan nasional. Sebab, semasa hidup telah banyak memberikan kontribusi kepada negara dari sisi pendidikan dan keumatan.

“Sampai sekarang, meski beliau telah tiada karya buku beliau juga masih menjadi sumber referensi utama. Kami bukan hanya mendukung tapi berharap bisa ikut berperan dalam mewujudkan harapan ini,” ujar Samsir beserta jajaran saat menyambangi Ketua Al Washliyah Sumut, Dedi Iskandar Batubara, Jumat (18/9/2020).

Dukungan KNPI, kata dia, akan disampaikan secara tertulis. Selain itu, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan DPP KNPI untuk ikut berjuang dalam upaya pemberian gelar pahlawan nasional kepada Muhammad Arsyad Thalib Lubis. “Kami akan menyurati Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama untuk juga memberikan masukan ke pemerintah pusat,” katanya.

Ketua PW Al Washliyah Sumut, Dedi Iskandar Batubara, menyambut baik dukungan yang diberikan oleh KNPI. “Usulan kami ini belum lengkap tanpa dukungan KNPI,” ujarnya.

Anggota DPD RI ini menyebut, usulan pemberian gelar pahlawan nasional kepada Muhammad Arsyad Thalib Lubis tengah digarap serius.

Ia pun yakin dukungan KNPI akan sangat bermanfaat. “Saya berharap dukungan ini disampaikan secara tertulis untuk melengkapi syarat administrasi, kemudian dibuat testimoni melalui video,” ungkapnya.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua Harian DPD KNPI Sumut, Ahmad Khairuddin ; Sekretaris Nurul Yakin Sitorus ; Bendahara Irwansyah Nst dan beberapa pengurus lainnya seperti Muhammad Asril; Budi Setiawan; M Syafii Sitorus; Dian Gunawan ; Ilham Munthe; Felix Sidabutar.(f rozi)