Walikota Medan & Gubsu Direncanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Gadjah Mada

Sejumlah alat berat diturunkan untuk penataan Lapangan Gadjah Mada, Jalan Krakatau, Medan, Jumat (8/7/2022)
Sejumlah alat berat diturunkan untuk penataan Lapangan Gadjah Mada, Jalan Krakatau, Medan, Jumat (8/7/2022)

 

MEDAN, kaldera.id – Pelaksanaan Shalat Idul Adha yang dilaksanakan jajaran Pemko Medan dipusatkan di Lapangan Gadjah Mada, di Jalan Krakatau, Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur, Minggu (10/7/2022).

Bertindak sebagai imam, qori nasional asal Kota Medan sekaligus Ketua IPQOH Medan, Syaifuddin Hazmi Lubis. Sedangkan khatib, Ilyas Halim selaku Ketua FKUB Kota Medan. Kegiatan shalat dimulai Pukul 07.15 WIB.

Walikota Medan, M Bobby Afif Nasution diwakili Asisten Pemerintahan Setdako Medan, M Sofyan mengungkapkan, saat ini para petugas sedang fokus melakukan pembenahan lapangan agar para jamaah nantinya nyaman dan ama melaksanakan ibadah. Bahkan, untuk membantu proses pembenahan, sejumlah alat berat diturunkan. Termasuk mobil tangga dan lainnya.

“Dijadwalkan Gubsu Edy Rahmayadi, unsur Forkopimda Sumut, Walikota Medan, Bobby Nasution, dan unsur Forkopimda Medan akan menunaikan shalat bersama masyarakat di Lapangan ini. Usai Salat Iduladha, di Lapangan milik Pemko Medan ini juga dilakukan acara ramah tamah dan penyembelihan hewan kurban Pemko Medan,” ungkap Sofyan, Jumat (8/7/2022).

Sofyan menambahkan, Dari 89 ekor lembu kurban ASN Pemko Medan, sebanyak 4 ekor disembelih di Lapangan Gajah Mada ini. Selebihnya disembelih di wilayah kecamatan dan kelurahan serta dibagikan ke masyarakat setempat.

Selain menyiapkan fasilitas berwudhu, penyelenggara juga telah menyiapkan lokasi-lokasi parkir, termasuk di Halaman SDN yang berada tidak jauh dari dari Lapangan tersebut.

“Nanti juga akan digelar takbiran pada Sabtu malam (9/7/2022) di Halaman Kantor Walikota Medan. Persiapan untuk malam takbiran ini pun telah dilakukan. Diharapkan berjalan dengan khidmat dan kian menguatkan keimanan dan ketakwaan umat muslim ibu kota Sumatra Utara ini,” tambahnya.(reza)