Walikota Malang Minta Masukan Bobby Nasution Tingkatkan PAD Retribusi Parkir Tepi Jalan

Walikota Medan, Bobby Afif Nasution menerim cinderamata dari Walikota Malang usai pertemuan keduanya di Kantor Walikota Medan, Kamis (26/1/2023). Foto: Dinas Kominfo Medan
Walikota Medan, Bobby Afif Nasution menerim cinderamata dari Walikota Malang usai pertemuan keduanya di Kantor Walikota Medan, Kamis (26/1/2023). Foto: Dinas Kominfo Medan

 

MEDAN, kaldera.id – Penerapan e-Parking di Kota Medan bertujuan untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus menghadirkan transparansi dalam sistem pembayaran. Tidak itu saja, juga untuk membiasakan masyarakat beradaptasi dalam pemanfaatan digitalisasi, salah satunya melalui sistem pembayaran retribusi parkir.

Hal tersebut disampaikan Walikota Meda Bobby Nasution saat menerima kunjungan kerja (kunker) Walikota Malang, Sutiaji di Balai Kota Medan, Kamis (26/1/2023) siang. Selain bersilaturahmi, kedatangannya bersama rombongan dalam rangka berdiskusi terkait upaya meningkatkan PAD melalui retribusi parkir di tepi jalan.

Bobby mengungkapkan, jika kehadiran e-parking juga untuk meminimalisir kebocoran PAD. Sebab, sambungnya, retribusi parkir memberi potensi besar untuk mendukung pembangunan ibukota Provinsi Sumatera Utara.

“Tidak hanya untuk peningkatan PAD, tapi juga agar masyarakat membiasakan diri melakukan pembayaran dengan sistem digitalisasi. Dengan begitu pembayaran yang dilakukan berjalan secara transparan,” kata Bobby Nasution didampingi para asisten, staf ahli dan pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan.

Dia menambahkan, Pemko Medan saat ini telah memiliki Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Dengan KKPD, bilang Bobby, pelaku UMKM tidak perlu menunggu lama untuk menerima pembayaran atas produk yang dipesan dari mereka.

Sementara itu, Sutiaji mengatakan, dipilihnya Kota Medan sebagai tujuan kunker karena memiliki kesamaan, termasuk kehidupan sosial masyarakatnya. “Terima kasih kami untuk anak muda pemimpin Kota Medan yang hari ini berkenan menerima kehadiran kami di sini. Insya Allah, apa yang hari ini didiskusikan bisa kami terapkan di Kota Malang dan membawa kebaikan bagi kedua kota terutama masyarakat,” bilang Sutiaji.(ali/rel)