Kembalikan Dompet Hotman Paris Yang Hilang, Petugas Kebersihan Ini Diberi Imbalan Luar Biasa

0
124
Hotman Paris Hutapea
Hotman Paris Hutapea

 

MEDAN, kaldera.id – Dompet berisi uang tunai sebesar Rp 70 juta milik Hotman Paris diketahui sempat hilang pada Rabu (22/3/2023).

Beruntung ada sosok Edi Sonjaya, petugas kebersihan yang menemukan dompet itu lalu mengembalikannya kepada Hotman Paris.

Atas kejujuran dan integritasnya, Edi diganjar dengan uang dan pekerjaan dari Hotman Paris. Berikut rangkuman Kompas.com:

1. Kronologi dompet hilang Hotman sendiri awalnya tak sadar bahwa dompetnya hilang pada Rabu lalu. Hotman baru menyadari bahwa dompetnya hilang ketika sedang ngopi di mal Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Hotman saat itu mengira dompetnya tertinggal di rumah. Namun, seorang petugas kebersihan bernama Edi Sonjaya tiba-tiba datang dan mengembalikan dompet beserta isinya secara utuh kepada Hotman Paris.

Saat itu, Hotman ingin memberi Edi imbalan uang sebesar Rp 200.000. Namun, Edi menolak pemberian itu. Beberapa kali Hotman menyodorkan uang imbalan kepada Edi karena merasa telah ditolong, tetapi Edi tetap menolaknya.

Hotman pun mengunggah kebaikan Edi lewat unggahan Instagram. Banyak pihak yang melirik kebaikan dan integritas Edi, salah satunya adalah rekan bisnis Hotman, Andrew Susanto.

2. Ditawari pekerjaan baru

Andrew Susanto mengapresiasi Edi Sonjaya karena kejujurannya mengembalikan dompet Hotman berisi uang tunai sebesar Rp 70 juta.

“Kami ingin rekrut dia sebagai karyawan di perusahaan saya. Jadi bisa memberikan vibes yang positif kepada teman-temannya,” kata Andrew ditemui di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (23/3/2023).

Meski begitu, Andrew menyebut belum bisa memberikan pekerjaan saat ini lantaran Edi masih terdata sebagai karyawan di perusahaan lain.

Andrew mengaku sangat jarang menemui orang seperti Edi.

“Di saat Bang Hotman kasih dia duit, ditolak, nah ini yang jarang. Padahal kasih duit itu kan jadi haknya dong harusnya. Tapi dia merasa, ‘loh ini kan kewajiban kerjaan saya harus balikin kenapa harus terima duit’,” lanjutnya.

Andrew menunggu Edi melamar ke kantornya. Tak perlu berpikir panjang, Andrew akan langsung menerima Edi sebagai karyawan.

3. Santunan uang segepok

Selain pekerjaan untuk Edi, Hotman memberikan imbalan uang, mengapresiasi kejujuran dan integritas Edi.

Hotman tak ingin membocorkan angka pasti uang yang dia berikan untuk Edi Sonjaya. Namun uang yang diberikan Hotman kepada Edi cukup tebal.

“Partner bisnis saya, Andrew sudah kasih dia duit. Karena duitnya (Andrew) duit saya juga gitu. Enggak usah dibocorkan angka pastinya. Pokoknya tebal, cukup buat berapa tahun gaji dia,” tutup Hotman Paris.

4. Buah dari kejujuran dan integritas Edi

Menurut Hotman, pemberian buat Edi adalah buah dari sebuah kejujuran dan integritas.

“Kelihatan orangnya jujur dan polos. Gue sudah dua kali tes kasih duit dia enggak mau. Sudah 3 kali malah. Dia temukan dompet, dia enggak sembunyikan. Gue kasih duit gua tolak. Gue kasih lagi dia tolak. Jadi kelihatan aslinya orang jujur,” ucap Hotman Paris.

Menurut Hotman sosok seperti Edi sangat jarang bisa ditemukan di Jakarta.

“Sangat membanggakan di ibu kota ini masih ada orang jujur seperti Edi. Gue kalau temukan Rp 70 juta mungkin gue sembunyikan,” tutup Hotman. (kompas)