PDI Daftarkan Sejumlah Artis Sebagai Bacaleg Untuk Pileg 2023, Mulai Dari Deny Cagur Hingga Once Mekel

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mendaftarkan sejumlah orang dari kalangan artis, seniman hingga akademisi sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mendaftarkan sejumlah orang dari kalangan artis, seniman hingga akademisi sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

 

MEDAN, kaldera,id – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mendaftarkan sejumlah orang dari kalangan artis, seniman hingga akademisi sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024.

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto mengatakan, terdapat 14 nama yang berasal dari kalangan budayawan, seniman dan artis dalam daftar bacaleg PDI-P.

“Dari kalangan budayawan, seniman, dan artis, selain incumbent seperti Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Maleiholo, Nico Siahaan, juga bergabung Once Mekel, Marcel Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Kuswoyo mengingat Koes Plus, spirit nasionalisme luar biasa,” kata Hasto dalam konferensi pers usai pendaftaran bacaleg, di KPU, Kamis (11/5/2023).

“Lita Zen, Andre Hehanusa, Lucky Perdana. Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman, dan artis yang memang terbukti memiliki kompetensi sangat kuat,” tambah dia.

Sementara itu, dari kalangan akademisi, terdapat pakar geologi atau ahli vulkanologi Surono atau akrab disapa Mbah Rono turut didaftarkan sebagai bacaleg PDI-P. Kemudian, PDI-P juga mendaftarkan kalangan akademisi yang terdiri dari sejumlah pakar pertanian, lingkungan hidup, dokter hingga ahli kesehatan.

“Juga ada diplomat, Doktor ahli pertahanan, ahli hukum, mengingat sistem hukum yang dibangun demi keadilan untuk mewujudkan keadilan dalam hukum dan disiplin dalam hukum,” tutur Hasto. Hasto menyatakan, seluruh bacaleg PDI-P itu sudah melalui proses kaderisasi dan pendidikan di sekolah partai PDI-P.

Adapun pembekalan itu juga diberikan oleh Ketua DPP PDI-P bidang ideologi dan kaderisasi Djarot Saiful Hidayat.

“Bapak Djarot Saiful Hidayat untuk segera melakukan pembekalan terhadap seluruh calon anggota legislatif sehingga seluruh bakal calon tersebut dipersiapkan dengan sebaik-baiknya termasuk telah melalui psikotes,” kata Hasto.

 

PDI-P resmi menyerahkan berkas pendaftaran Bacaleg

Diberitakan sebelumnya, PDI-P resmi menyerahkan berkas pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) peserta Pemilu 2023 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyerahan berkas ini diterima langsung oleh Ketua KPU Hasyim Asy’ari yang disaksikan langsung oleh pimpinan DPP PDI-P dan pimpinan KPU di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (11/5/2023) siang.

Dalam penyerahan berkas pengajuan bacaleg tersebut, turut terlampir surat kuasa yang ditandatangani oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Hasto menyebut bahwa seluruh nama bacaleg PDI-P yang diajukan ke KPU sudah teregistrasi oleh Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Seluruh bakal calon per provinsi yang sudah teregister secara Silon ada nama dan pas foto bahwa sistemnya sudah berjalan dengan baik. Maka pada kesempatan ini kami serahkan kepada ketua KPU,” kata Hasto, Kamis siang.

Setelah menerima berkas tersebut, selanjutnya Hasyim menyerahkan dokumen pengajuan bacaleg PDI- ke tim verifikator untuk dilakukan verifikasi. Dalam kesempatan tersebut, Hasto mengapresiasi KPU karena telah memudahkan partai politik untuk mendaftarkan bacaleg melalui Silon.

Menurutnya, kehadiran Silon menunjukkan bahwa KPU telah meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilu. “Dan dengan proses pendaftaran Silon maka seluruh proses termasuk kelengkapan dokumen dapat dilaksanakan dengan baik,” ujar Hasto.

Adapun dalam proses pendaftaran ini, rombongan PDI-P menggunakan dokar yang berangkat dari Kantor DPP PDI-P di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat menuju ke Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Selain menggunakan dokar, rombongan ini diiringi dengan pawai kebudayaan, yang terdiri dari tarian Betawi dan ondel-ondel.(kompas)