Rudolf Pardede Mangkat

0
189
Mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rudolf Matzuoka bersama Gubsu Edy Rahmayadi
Mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rudolf Matzuoka bersama Gubsu Edy Rahmayadi

 

MEDAN, kaldera.id – Mantan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Rudolf Matzuoka Pardede meninggal dunia. Gubernur Sumut ke-16 tersebut meninggal dunia setelah mengalami sakit yang cukup lama.

Informasi soal meninggalnya Rudolf dibenarkan oleh Kepala Dinas Kominfo Sumut, Ilyas Sitorus. Ilyas mengatakan Rudolf meninggal dunia malam ini, pukul 21.15 WIB di salah satu rumah sakit di Medan. Almarhum meninggal dunia di usia 81 tahun.

“Ya informasi itu benar, beliau meninggal malam ini,” kata Ilyas Sitorus kepada detikSumut, Selasa (27/6/2023).

Jenazah Rudolf akan disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi, Medan Maimun. Gubsu Edy Rahmayadi dijadwalkan akan melayat besok pagi ke rumah duka.

“Besok Pak Gubernur juga dijadwalkan akan melayat pagi,” ucapnya.

Ketua DPC Gerindra Medan, Ihwan Ritonga juga membenarkan informasi soal meninggalnya mantan Ketua Dewan Pembina Gerindra Sumut itu. Gerindra Medan, kata Ihwan turut berduka atas meninggalnya Rudolf.

“Kami Segenap Pengurus dan Kader DPC Gerindra Kota Medan, PAC, dan Ranting turut berduka cita yang dalam atas meninggalnya Bapak Rudolf Pardede malam ini,” sebut Ihwan.

Rudolf merupakan orang tua kandung dari Bendahara DPC Gerindra Medan, Salomo TR Pardede. Ihwan mendoakan almarhum beserta keluarga yang ditinggalkan.

“Kiranya Keluarga yg ditinggal Tabah dlm menerima musibah ini,” tutupnya.

Rudolf M Pardede merupakan Gubernur Sumut periode 2006-2008. Ia dilantik menggantikan Gubernur Sumut sebelumnya Tengku Rizal Nurdin yang tewas akibat kecelakaan pesawat Mandala Senin 5 September 2005. (det)