Rayakan Hari Sungai Nasional 2023, Manajemen PT Inalum Bersihkan Sungai Deli

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menghadirkan komitmennya terhadap lingkungan dengan merayakan Hari Sungai Nasional 2023. Berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, Pegadaian, dan PTPN III melakukan pembersihan Sungai Deli, Medan.
PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menghadirkan komitmennya terhadap lingkungan dengan merayakan Hari Sungai Nasional 2023. Berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, Pegadaian, dan PTPN III melakukan pembersihan Sungai Deli, Medan.

 

MEDAN, kaldera.id – PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) menghadirkan komitmennya terhadap lingkungan dengan merayakan Hari Sungai Nasional 2023. Berkolaborasi dengan Kementerian BUMN, Pegadaian, dan PTPN III melakukan pembersihan Sungai Deli, Medan.

Kegiatan bertemakan BUMN Environmental Movement merupakan inisiasi dari Kementrian BUMN tersebut mendapat apresiasi warga. Menggunakan seragam putih dan bertuliskan akhlak, para peserta terlihat bersemangat membersihkan Sungai Deli.

Corporate Secretary Inalum, Mahyaruddin Ende mengatakan, program ini merupakan komitmen Inalum sebagai bagian dari keluarga besar Sumatera Utara dan Indonesia dalam hal merawat sungai. Ende berharap, kegiatan ini bisa terus ada dan makin banyak pihak yang bisa ikut berkolaborasi.

“Inalum sebagai bagian dari keluarga besar Sumatera Utara dan Indonesia mengucapkan banyak terima kasih atas inisiasi dan dukungan Kementerian BUMN dalam hal merawat sungai yang ada di Sumatera Utara. Kami dari Inalum yang energinya hadir dari aliran sungai merasa sangat dekat dengan sungai. Oleh karena itu, kami berharap kegiatan ini bisa di copy-paste di sungai-sungai di Sumatera Utara lainnya dan Inalum bisa kembali berpartisipasi,” ujar Mahyaruddin.

 

Gerakan kepedulian lingkungan

BUMN Environmental Movement merupakan gerakan kepedulian lingkungan yang dilakukan oleh BUMN untuk bumi yang lebih baik dengan melakukan pembersihan sampah, bekerjasama dengan “Plustik” yang merupakan start-up pengolahan sampah bernilai rendah untuk dijadikan barang baru yang lebih berkelanjutan.

Kegiatannya terdiri dari dua kegiatan, yakni, beach/river clean up yang merupakan kegiatan bersih – bersih pantai/sungai yang diikuti oleh milenial BUMN, komunitas sosial, dan masyarakat setempat.

Kegiatan kedua, workshop pengelolaan sampah merupakan sarana edukasi masyarakat setempat mengenai pemanfaatan sampah yang dapat dikelola dengan baik sehingga bernilai ekonomis dan dapat menjadi tabungan emas.

Di Sumatera Utara, Inalum bersama PTPN III dan pegadaian menjadi pihak yang terjun langsung dalam kegiatan di Sungai Deli.

Dalam mensukseskan kegiatan ini, Inalum mengerahkan relawan Inalum yang menjadi bagian dari 500 peserta bersih sungai yang berasal dari Pegadaian, PTPN III, dan mahasiswa/i Universitas Prima Indonesia.

Selain Inalum, Pegadaian, dan PTPN III, kegiatan ini turut dihadiri Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga; Pimpinan PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Arief Rinardi Sunardi; perwakilan BNI, PTPN III, Inalum, PLN, HK, Mandiri, PT KIM, PT Taspen, Pertamina, dan mahasiswa Universitas Prima Indonesia, yang ikut turun berpartisipasi meramaikan bersih-bersih Sungai Deli.(red/rel)