30 Delegasi Travel Agent Top Ajak Warga Sumut Kunjungi Malaysia

0
231
Sedikitnya 30 travel agent top Malaysia bergabung dalam delegasi yang datang ke Medan dalam rangka mengajak wisatawan Sumut berkunjung ke negara tetangga tersebut dengan berbagai pilihan atraksi wisata.
Sedikitnya 30 travel agent top Malaysia bergabung dalam delegasi yang datang ke Medan dalam rangka mengajak wisatawan Sumut berkunjung ke negara tetangga tersebut dengan berbagai pilihan atraksi wisata.

 

MEDAN, kaldera.id –  Sedikitnya 30 travel agent top Malaysia bergabung dalam delegasi yang datang ke Medan dalam rangka mengajak wisatawan Sumut berkunjung ke negara tetangga tersebut dengan berbagai pilihan atraksi wisata.

Hal itu disampaikan Muhammad Zaki Talib, Timbalan Pengarah Bahagian Promosi Antarabangsa (ASEAN), Tourism Malaysia. Dia berbicara mewakili Direktur Jenderal Tourism Malaysia Dato’ Dr Ammar Abd. Ghapar sebagai ketua delegasi Malaysia

Menurutnya, selain top travel agent itu hadir juga persatuan agen-agen pelancongan dan pengembaraan Malaysia (MATTA). Kemudian hadir beberapa wakil dari badan pelancongan negeri termasuk Malaysia My Second Home (MM2H), Homestay, Sepang International Circuit (SIC) dan Batik Air .

Program networking

Selain sesi B2B, roadshow ke Indonesia juga mengadakan program networking termasuk majlis makan malam yang turut dihadiri oleh ketua-ketua Asosiasi Pariwisata di Sumatera Utara seperti Asita, Astindo, ASPPI dan Amphuri serta perbincangan bersama Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan.

Zaki menambahkan Tourism Malaysia bersama Malaysian Association of Travel and Tourism Agents (MATTA) mengadakan Roadshow ke Indonesia secara resmi dengan mengunjungi tiga kota besar seperti Balikpapan, Jakarta dan Medan.

Roadshow ini, kata dia, bertujuan meningkatkan promosi produk dan paket pelancongan terkini Malaysia dengan mempertemukan pelaku industri pelancongan Malaysia dan Indonesia dalam sesi business to business (B2B).

Dato’ Dr. Ammar dalam sambutannya yang dibacakan Muhammad Zaki Talib mengatakan Indonesia adalah salah salah satu pasar yang penting untuk pelancongan di Malaysia, sebab kedekatan jarak, budaya serta kapasitas penerbangan antara kedua negara yang dapat ditingkatkan lagi.

Dia menyebut tahun 2022, Malaysia mencatatkan kedatangan wisman dari Indonesia 1,481 juta kunjungan. Jumlah itu teringgi kedua setelah Singapura. Pada semester pertama tahun 2023, wisman Indonesia yang masuk ke Malaysia sudah mencapai 704.147 pelancong.

Konsul Jenderal Malaysia Aiyub Omar mendukung acara ini. Dia menyatakan pentingnya membangun kembali networking kedua negara setelah pandemi. Roadshow ini selayaknya menjadi momentum untuk mengenalkan destinasi baru selain Kuala Lumpur dan Penang seperti Perak, Melaka, Perlis yang akan mengadakan tahun melawat negeri.

Selain itu dia harapkan pelaku pariwisata untuk mengeksplorasi berbagai aktivitas wisata lainnya di Malaysia seperti sport tourism, homestay, MM2H dan edu tourism. Roadshow itu juga dihadiri Rocky Kho Honorary Treasurer Malaysian Association of Tour & Travel (MATTA), Azhan Shafriman Hanif, CEO of Sepang International Circuit (SIC) dan Chan Hon Mun, Tourism Consul/Director Tourism Malaysia Medan.

Dari Medan, sedikitnya 60 top agen perjalanan wisata hadir dan berinteraksi dengan pelaku pariwisata Malaysia. Aiyub Omar mengharapkan dari kegiatan ini tercipta paket-paket wisata menarik yang dinikmati masyarakat Indonesia khususnya Medan, Sumatera Utara.