Gus Irawan Pasaribu-Jafar Syahbuddin Ritonga
Gus Irawan Pasaribu-Jafar Syahbuddin Ritonga

 

MEDAN, kaldera.id –  Besok (Kamis (29/08/2024), pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan Gus Irawan Pasaribu, ketua DPD Gerindra Sumut yang juga anggota DPR RI terpilih periode 2024-2029 yang berpasangan dengan Jafar Syahbuddin Ritonga akan mendaftarkan diri ke KPU Tapsel.

Informasi itu dihimpun tim media hingga tadi malam. Rencananya pasangan ini akan berangkat dari rumah keluarga yayasan H. Hasan Pinayungan Pasaribu menuju KPU Tapsel. Pasangan ini resmi mendapatkan dukungan dari 12 partai politik dengan menjadikan Jafar Syahbuddin Ritongan sebagai calon wakil bupati.

Seluruh surat dukungan juga sudah dikantongi pasangan ini. Namun hari ini (Rabu, 28/08/2024), Gus Irawan Pasaribu dan Jafar Syahbuddin Ritongan masih akan berada di Medan dengan acara yang berbeda. Gus Irawan Pasaribu agendanya siang ini masih akan mendaftarkan pasangan Bobby Nasution-Surya ke KPU Sumut sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Sumut.

Sementara Jafar Syahbuddin Ritonga, tadi malam berangkat dari Padangsidimpuan untuk nanti bersama-sama menerima surat rekomendasi dari Golkar. “Ini sudah di Siantar,” katanya tadi pagi.

Seperti diketahui Gus Irawan Pasaribu bukanlah sosok baru di Tapsel. Kiprahnya sejak menjadi Dirut Bank Sumut, mencalonkan diri sebagai Gubsu tahun 2013 hingga kemudian terpilih menjadi anggota DPR RI tiga periode selalu melakukan kerja-kerja sosial dan program yang mendekatkan dirinya dengan masyarakat Tapsel.

Bahkan tingkat keterpilihan Gus Irawan Pasaribu di Dapil 2 Sumut yang meliputi daerah seputar Tabagsel cukup tinggi hingga di Pileg Februari lalu pun namanya tetap masuk sebagai anggota DPR RI. Semua keluarga Gus Irawan Pasaribu mulai dari Bomer Pasaribu, Panusunan Pasaribu, Ibrahim Pasaribu, Syahrul M Pasaribu, Hj. Lisliwati Psaribu dan Jon Sujani Pasaribu tetap mengabdikan diri di Tapsel dari dulu sampai sekarang.

Sementara itu Jafar Syahbuddin Ritonga pun bukan sosok baru di Tapsel. Kedua orangtuanya lahir dan besar di Tapsel. Ayahnya adalah Ihutan Ritongan dan ibunya Riana Siregar. Jafar Syahbuddin merupakan pemilik pesantren Darul Mursyid yang berada di Desa Sidapdap Simanosor Kec. Saipar Dolok Hole. Selain dikenal sangat fokus mengembangkan pesantren tersebut ke level modern, Jafar Syahbuddin adalah figur yang sangat menghormati ibu-nya.

Setiap acara, setiap kegiatan, bahkan kemana pun dia pergi, Riana Siregar, ibundanya, selalu mendampingi. Bahkan ketika di pesantren, Riana Siregar ini masih sering memasakkan makanan kesukaan Jafar Syahbuddin.

Sedangkan di politik Jafar Syahbuddin saat ini menjadi dewan pertimbangan Partai Golkar Tapsel. Sebelumnya dia juga sudah mendaftar ke beberapa partai menjadi calon bupati. Dalam perbincangan dengan tim media beberapa waktu sebelum mendaftar Jafar Syahbuddin menyatakan optimis akan maju di Pilkada Tapsel, karena partainya merupakan pemenang.

Bagi Gus Irawan keterpilihan Jafar Syahbuddin ini juga diharapkan mendorong perolehan suaranya. Sebab sebagai politisi dan aktivis pendidikan, Jafar Syahbuddin sudah memiliki basis massa. Gus Irawan Pasaribu memang memiliki beberapa alternatif pilihan untuk wakil namun kemudian setelah diskusi internal termasuk lintas partai akhirnya nama Jafar Syahbuddin yang muncul.

Siang ini keduanya akan menerima secara langsung surat rekomendasi dari Partai Golkar. Setelahnya baru akan bertolak menuju Sidimpuan. Sedangkan surat rekomendasi dari partai lain sudah rampung dan sudah diupload di Silon KPU.