Paskibraka Nasional 2020 juga hanya 8 Orang, 1 Anak Siantar

Sylvia Kartika Putri (Lip6)
Sylvia Kartika Putri (Lip6)

MEDAN, kaldera.id – Di tingkat nasional, jumlah Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2020 juga hanya 8 orang. Presiden Joko Widodo sudah mengukuhkan delapan orang yang terpilih, Kamis (13/8/2020). Salah satu di antaranya adalah anak Pematangsiantar, Sylvia Kartika Putri.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan upacara HUT ke-75 Republik Indonesia kali ini digelar secara terbatas dengan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan masyarakat di masa pandemi Covid-19.

Jumlah anggota Paskibraka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tahun ini juga tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya. Adapun nama-nama anggota Paskibraka yang akan bertugas pada 17 Agustus 2020 di halaman Istana Merdeka adalah:

1. Indrian Puspita Rahmadhani (Aceh);
2. Sylvia Kartika Putri (Sumatera Utara);
3. Sudrajat Prawijaya (Bengkulu);
4. Dhea Lukita Andriana (Jawa Timur);
5. I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata (Bali);
6. Muhammad Adzan (Nusa Tenggara Barat);
7. Muhammad Asri Maulana (Kalimantan Selatan); dan
8. Muhammad Arief Wijaya (Sulawesi Tenggara).

Sebanyak delapan orang ini adalah Purna Paskibraka 2019. Provinsi Sumatera Utara diwakili oleh Sylvia Kartika Putri. Dia merupakan siswa SMA Kartika I-4 Pematang Siantar, kelahiran 19 Agustus 2003. Sylvia merupakan anak sulung dari Serda TNI Tarsiman dan Tuty Chairi.

Tahun lalu, ia merupakan pembawa baki cadangan. Boleh jadi tahun ini, ia pula yang akan membawa baki ke hadapan Presiden Joko Widodo pada 17 Agustus 2020. Sesuai rencana, tiga orang akan menjadi petugas pengibaran. Kemudian tiga orang lagi akan menjadi petugas penurunan. Sedangkan dua orang lagi adalah cadangan.(f rozi/bbs)