Dimulai Pekan Ini, Vaksinasi Covid-19 di Sumut hanya Fokus di 3 Kab/kota

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi

MEDAN, kaldera.id – Program vaksinasi Covid-19 di kab/kota se Sumatera Utara (Sumut) bakal dilakukan serentak pada tanggal 15 Januari ini. Jadwal ini satu hari setelah vaksinasi di tingkat Provinsi dilakukan.

“Akan dilakukan, tanggal 13 di Jakarta salah satunya adalah presiden. Kita disini dibikin jadwal tanggal 14, nanti dimulai juga di Aula Tengku Rizal Nurdin ini, terus tanggal 15 di kab/kota. 40 ribu yang ada di Sumut,” kata Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi di rumah dinasnya, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Senin (11/1/2021).

Edy berharap setiap bupati/walikota bisa menyesuaikan jumlah vaksin yang ada dengan kondisi di daerah masing-masing. Kata Edy, tiap daerah akan ada 10 orang yang menjadi perwakilan untuk suntik perdana vaksin buatan Sinovac ini.

“Bupati walikota sesuaikan dengan kondisi, kalau dia sudah usia, jangan. Kalau bupatinya tak bisa, wakil bupati, wakil walikota, bisa juga Sekdanya. Sekda tak bisa, asistennya. Di daerah itu juga ada tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda untuk melengkapi jumlah 10 yang melakukan pertama di wilayahnya,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit menyebut vaksinasi kali ini Kementerian Kesehatan hanya memfokuskan vaksinasi di 3 kab/kota di Sumut. Sedangkan, untuk kab/kota lainnya akan dilakukan pada bulan Februari nanti.

“Ini kan cuma 3 kab/kota yang Januari ini. Dia dibagi oleh kementerian, kita ikut kementerian semua ini jadwalnya. Jadi untuk yang ini, dia hanya Medan, Binjai, Deliserdang. Nanti Februari,” ujarnya. (finta rahyuni)