Rutan Kabanjahe Dibakar, Tahanan Dievakuasi Pakai Tangga

Suasana evakuasi tahanan dari Rutan Klas II Kabanjahe, Rabu (12/2/2020).
Suasana di Rutan Klas II Kabanjahe, Rabu (12/2/2020).

KABANJAHE, kaldera.id – Rumah Tahanan (Rutan) Klas II di Jalan Bhayangkara, Kabanjahe, Kabupaten Karo, dibakar sejumlah tahanan, Rabu (12/2/2020). Akibatnya tahanan terpaksa dievakuasi petugas.

Informasi dihimpun menyebutkan, kebakaran terjadi akibat sebelumnya ada kerusuhan tahanan yang keberatan dengan razia telepon seluler. Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 12.20 WIB itu, mengakibatkan sebagian bangunan sel terbakar. Sejumlah video terkait peristiwa itu pun beredar di media sosial.

Dari video yang diperoleh kaldera.id, api berkobar cukup besar. Sejumlah mobil pemadam kebakaran pun dikerahkan aparat setempat untuk memadamkan api. Menghindari korban jiwa petugas rutan dibantu aparat kepolisian dan TNI melakukan proses evakuasi tahanan.

Penyebab kericuhan berujung rusuh di Rutan Klas II Kabanjahe ini masih diselidiki petugas. Menurut warga Kabanjahe yang dihubungi, T Pinem, mengatakan terlihat lemparan batu dari dalam rutan ke halaman rutan. “Banyak batu juga tadi dari dalam rutan. Terus asap hitam juga terlihat,” katanya.(reza sahab)