Al Washliyah Gelar Sensus Bagi Warganya

0
91
Warga Al Washliyah Sumatera Utara dihimbau mendaftarkan diri untuk sensus. Kegiatan ini dimulai 10 Januari 2022.
Warga Al Washliyah Sumatera Utara dihimbau mendaftarkan diri untuk sensus. Kegiatan ini dimulai 10 Januari 2022.

MEDAN, kaldera.id – Warga Al Washliyah Sumatera Utara dihimbau mendaftarkan diri untuk sensus. Kegiatan ini dimulai 10 Januari 2022.

Kegiatan ini ditargetkan 3 juta warga Al Washliyah di Sumatera Utara teregistrasi menjadi anggota.

Direktur Lembaga Kajian Strategis Al Washliyah (LKSA) Sumatera Utara, Eko Marhaendy menyebutkan, LKSA ditunjuk sebagai leading sektor untuk sistem pendataan anggota dalam program sensus Warga Al Washliyah dalam rapat pleno PW Al Washliyah Sumatera Utara, Sabtu (8/1/2022).

Dia mengatakan, sensus ini akan melibatkan seluruh tingkatkan pengurus Al Washliyah, mulai dari pimpinann daerah, cabang, ranting hingga organ B
bagian Al Washliyah.

“Intinya kita bersama-sama bekerja untuk menyukseskan sensus warga Al Washliyah di Sumut,” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam proses pendataan, LKSA mengadopsi model pendataan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dengan memadukan metode manual dan digital yang melibatkan seluruh struktur pengurus.

Struktur pengurus meliputi, pengurus cabang sebagai verifikator; pengurus daerah sebagai supervisor; sedangkan pengurus wilayah berfungsi sebagai registrator yang akan menerbitkan nomor induk anggota.

“Sensus ini lebih memantapkan sistem pendataan online terhadap anggota Al Washliyah yang diluncurkan pada awal 2021 yang hanya mampu memenuhi kurang dari sepuluh persen target pencapaian karena masih bersifat partisipatif,” jelasnya.

Dari sistem sebelumnya, lanjut Eko, PW Al Washliyah Sumatera Utara melakukan evaluasi untuk menekan capaian yang lebih besar dengan melibatkan seluruh stakeholder di lingkungan Al Washliyah, meliputi, struktur pengurus di berbagai tingkatan, unit organisasi, serta organ bagiannya. Hasil evaluasi tersebut kemudian dirumuskan ke dalam program sensus warga Al Washliyah yang ditargetkan tercapai penuh sepanjang 2022.

Dalam program ini, LKSA ditugaskan untuk merumuskan metodologi dan menyiapkan sistem bank data serta pemeliharannya dalam program sensus ini.

“Insha Allah, tim telah bekerja mempersiapkan sistem pendataan tersebut secara integratif setidaknya dalam satu bulan terakhir. Maka itu, saya mengimbau agar seluruh warga Al Washliyah yang berada di Sumut untuk mensukseskan sensus warga Al Washliyah dengan suka rela mendatarkan dirinya untuk disensus,” ajak Eko.(yogo)