Akhyar Ajak ASN Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengajak ASN di lingkungan Pemko Medan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan sensus penduduk 2020.
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengajak ASN di lingkungan Pemko Medan berpartisipasi aktif dalam mensukseskan sensus penduduk 2020.

MEDAN, kaldera.id –  Akhyar Nasution mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan Plt Walikota Medan,berpartisipasi aktif dalam mensukseskan sensus penduduk 2020. Sebab, sensus penduduk online ini untuk menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menurut de facto dan de jure.

Kegiatan ini juga menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk. Dengan demikian, hasil ini tidak hanya bermanfaat untuk membuat perencanaan di masa kini, tetapi juga mengantasipasi apa yang akan terjadi di masa depan.

BACA JUGA :  Nenek Halimah Menangis di Ombudsman, Lahannya Dibeli Pemko Namun Tak Kunjung Dibayar

“Berdasarkan UU No16/1997 tentang statistik dan rekomendasi PBB, setiap negara harus menyelenggarakan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali,” kata Akhyar, Senin (17/2/2020).

Cara mengisi sensus penduduk online 15 Februari kemarin sampai 31 Maret 2020. Kepada pimpinan OPD, camat dan lurah agar melakukan monitoring kepada seluruh jajaran untuk melaksanakan kegitan ini.

Pengumpulan data ini akan dilakukan dengan dua metode. Pertama, secara online lewat akses melalui web SENSUS.BPS.GO.ID. Sedangkan bagi masyarakat yang belum mengikuti online, maka petugas sensus akan mendatanginya dan melakukan wawancara dengan menggunakan kuisioner di Juli 2020. (reza sahab)