Fokorpimda Kolaborasi, 36 Titik Sungai Deli Bebas Sampah

Forkopimda Kota Medan lakukan bersih -bersih Sungai Deli, Selasa (18/2/2020).
Forkopimda Kota Medan lakukan bersih -bersih Sungai Deli, Selasa (18/2/2020).

MEDAN, kaldera.id – Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Johnny Edizon Isir, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Arjuna Sembiring dan unsur Forkopimda Kota Medan lakukan bersih -bersih Sungai Deli, Selasa (18/2/2020). Jalur Sungai Deli yang dibersihkan mulai dari Avros sampai jembatan Jalan Perdana.

Jarak tempuh penyusuran dan bersih-bersih Sungai Deli yang dilakukan sekitar 5,6 kilometer. Melalui kegiatan ini, masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai diharapkan dapat mendukung kebersihan.

Aksi bersih Sungai Deli ini menggunakan sejumlah perahu karet. Kondisi kebersihan di sepanjang Avros hingga jembatan Jalan Perdana langsung terlihat perbedaanya.

Arjuna Sembiring menjelaskan, ada 36 titik yang dibersihkan dalam sepanjang 5,6 km itu. Dari titik tersebut, 18 titik sebelah kanan dan 18 titik di sebelah kiri.

BACA JUGA :  Klaim Asuransi Ditolak, Penyidik Polrestabes Medan Diperiksa Propam

“Jarak dari satu titik ke titik lainnya lebih kurang 300 meter. Di setiap titik tersebut ada petugas dan penanggungjawab kebersihannya,” ungkap Arjuna.

Arjuna mengungkapkan, apresiasi masyarakat juga cukup tinggi. Dimana, mereka ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Aksi bersih ini akan dilanjutkan ke jembatan Jalan Cilincing, Medan Barat sepanjang 3 km. Direncanakan, ada 11 titik yang telah ditetapkan menjadi fokus pembersihan. Setelah itu kami lanjutkan lagi hingga Marelan dan Belawan. Jadi harapan kita, semua masyarakat dapat ambil bagian dalam aksi pembersihan ini,” harapnya.

Sementara itu, Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Johnny Edizin Isir sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan susur dan bersih-bersih sungai tersebut. Kegiatan ini sebagai bentuk kolaborasi unsur Forkompinda untuk membebaskan Sungai Deli dari sampah.

“Harapannya ke depan kolaborasi ke depan makin intens. Kami siap mendukung. Pokoknya wilayah sungai harus bersih sampah,” tegasnya. (reza sahab)