Mal di Medan Belum Antisipasi Merebaknya Virus Corona

0
20
Mall di Medan Belum Antisipasi Merebaknya Virus Corona
Mall di Medan Belum Antisipasi Merebaknya Virus Corona

MEDAN, kaldera.id – Pasca terdeteksinya virus corona yang menjangkit di Indonesia, sejumlah mal di Medan belum melakukan pengamanan ketat seperti terlihat di Centre Point.

Saat kaldera.id mendatangi mal tersebut terpantau tidak terlalu ramai. Keramain hanya terjadi pada lantai 1 saja, selebihnya hanya dipenuhi petugas yang bekerja.

Terlihat juga pihak keamanan belum melakukan tindakan signifikan. Prosedur keamanan yang dilakukan seperti biasa, dengan pengunjung hanya detektor. Ketika dikonfirmasi, petugas keamanan di mal tersebut tidak mau memberikan keterangan lebih detil dengan sedang sibuk melakukan pekerjaan.

Salah satu petugas cleaning service, awalnya tampak takut karena sedang jam bekerja dan terlihat oleh banyak CCTV. Lalu dia mengajak kaldera.id untuk wawancara di area yang tak terlihat oleh petugas.

Dia mengungkapkan bahwa pihak mal belum memberikan arahan khusus mengenai pengamanan. “Mungkin kalau arahan sendiri belum ada, tapi kalau dari kami terus menjaga kebersihan seperti sampah tissue yang terlihat langsung dibuang ke tempat sampah dan juga jika ada bercak yang tertinggal baik itu di toilet ataupun di pagar pembatas, langsung kami bersihkan,” ungkap Reynaldi Manik kepada kaldera.id, Rabu (4/3/2020).

Tidak berbeda dengan Centre Point, Plaza Medan Fair juga belum melakukan pengamanan yang lebih bagi pengunjung.

Walaupun kasus virus corona telah beredar, namun dari pengamanan sendiri belum melakukan tindak lanjut. “Belum ada arahan dari atasan, sejauh ini masih stabil melakukan keamanan seperti biasa,” ujar Rizki selaku petugas keamanan.

Namun begitu, animo masyarakat untuk tetap berkunjung ke pusat perbelanjaan tidak surut walau berita mengenai virus Corona sudah tersebar. Masih banyak pengunjung yang terlihat  tidak menggunakan masker.

Salah satunya Santi yang menyarankan untuk tetap tenang dan terus menjaga. “Tidak terlalu takut sih, yang penting selalu menjaga kebersihan sendiri, pakai masker, sering cuci tangan dan hindari kontak langsung dengan orang yang sakit,” ujar Santi.(silvia marissa)