Satu Foto Seribu Arti

0
14
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat menerima lukisan wajahnya dari Prayoga di sela - sela HUT PFI Kota Medan di Merdeka Walk, Jumat malam (13/3/2020)
Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution saat menerima lukisan wajahnya dari Prayoga di sela - sela HUT PFI Kota Medan di Merdeka Walk, Jumat malam (13/3/2020)

MEDAN, kaldera.id – Plt Walikota Medan, Akhyar Nasution mengaku salut dengan perjuangan Prayoga, seorang penyandang disabilitas yang tetap berkarya dengan segala kekuranganya.

Prayoga merupakan pelukis dengan mulut. Sebab, kedua kaki dan tangannya tidak ada. Namun, tetap memiliki semangat untuk terus berkarya. Hal dirasakannya ketika menghadiri puncak HUT PFI Kota Medan ke -16 di kawasan Merdeka Walk Medan, Jumat malam (13/3/2020).

Di kegiatan tersebut, Akhyar juga mengungkapkan, dunia fotografi bukan hal baru karena telah menjadi kesenangannya sejak kecil. Fotografi telah memberi banyak cerita dan pengalaman serta pembelajaran berharga dalam hidupnya.

“Dulu saya mencari nafkah dari fotografi. Dengan kamera pribadi seadanya, berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Dari satu acara pesta ke acara lainnya. Fotografi benar-benar memberi banyak pengalaman dan pembelajaran berharga bagi saya,” kata Akhyar disambut tepuk tangan meriah.

Bahkan sampai saat ini, Akhyar mengungkapkan masih berlangganan majalah National Geographic. Lewat itu, Akhyar dapat menikmati berbagai hasil foto. Bahkan membayangkan upaya fotografer agar mendapatkan hasil foto yang memukau dan artistik.

“Setiap kali melihat foto-foto tersebut, saya membayangkan para fotografer yang menunggu momen tepat untuk menghasilkan foto yang luar biasa. Melihat dan menunggu momen itu seperti mata elang, tajam dan harus fokus agar tidak kelewatan. Sebab, satu foto memiliki seribu arti,” katanya.

Dirinya juga mengaku bangga karena banyak fotografer handal dari Kota Medan. Diharapkan, para pewarta dapat menceritakan keindahan Kota Medan dalam bentuk visual sehingga semakin dikenal.

“Tidak hanya keindahan. Segala kekurangan juga hendaknya disampaikan secara berimbang agar dapat diketahui dan menjadi bahan evaluasi untuk diperbaiki bersama,” tambahnya.

Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak termasuk Pemko Medan yang telah mendukung penuh kegiatan ini.

“Besar harapan kami semoga fotografi Kota Medan semakin maju dan berkembang pesat. Terima kasih atas dukungan semua pihak, termasuk Bapak Plt Wali Kota,” ujar Rahmad. (reza sahab)