Antisipasi Penyebaran Corona, Sementara Masjid Al Jihad Tanpa Ambal

Antisipasi Penyebaran Corona, Sementara Masjid Al Jihad Tanpa Ambal
Antisipasi Penyebaran Corona, Sementara Masjid Al Jihad Tanpa Ambal

MEDAN, kaldera.id – Pandemi wabah Virus Corona (Covid-19) tampaknya menjadi perhatian seluruh kalangan agar penyebarannya dapat ditekan. Masjid Al Jihad di Jalan Abdullah Lubis, Medan, misalnya, mulai Minggu (15/3/2020), mengangkat seluruh ambal sajadah.

Pantauan kaldera.id, suasana dalam masjid tersebut tidak seperti biasa. Jika Anda pernah atau sering ke Masjid Al Jihad, pasti mengetahui seluruh bagian dalam masjid dilapisi ambal sajadah sebagai tumpuan berdiri dan sujud. Tapi, hari ini lantai dalam masjid tak lagi dipasangi ambal. Cahaya lampu memantul di lantai granit dalam masjid.

Salah seorang petugas Masjid Al Jihad, mengakui, ambal sajadah diangkat sejak hari ini. “Tadi habis subuh diangkat semua. Karena virus corona itu lah Pak. Ini antisipasi penguru masjid saja,” katanya.

Menurutnya, kebersihan Masjid Al Jihad memang selalu dijaga pengurus masjid. Menurutnya, tanpa ambal pun kesucian masjid akan lebih terjaga. “Ini sementara saja. Yang jelas tetap dibersihkan seperti biasa. Bersih dari najis. Karena kesucian tempat ibadah adalah yang utama,” katanya.

Masjid Al Jihad merupakan salah satu masjid yang cukup aktif di Kota Medan. Hampir setiap hari, ribuan jamaah hadir ke masjid itu untuk menunaikan ibadah salat wajib maupun sunnah. Selain itu, kegiatan pengajian yang menghadirkan banyak orang juga rutin dilaksanakan di sana.

“Tak apa juga tanpa ambal. Tak masalah, yang penting kita tetap nyaman beribadah. Semoga cobaan wabah ini segera berakhir,” kata Teguh, salah seorang jamaah yang ditemui. (finta rahyuni)