RS USU Sukses Operasi Tumor Dhea Ananda di Tengah Ancaman Corona

Prof Fidel Ganis Siregar saat membesuk Dhea Ananda yang dalam masa pemulihan usai operasi pengangkatan tumor di RS USU.
Prof Fidel Ganis Siregar saat membesuk Dhea Ananda yang dalam masa pemulihan usai operasi pengangkatan tumor di RS USU.

MEDAN, kaldera.id – Di tengah pandemi virus corona, ada kabar gembira dari dunia medis Sumatera Utara, yang berhasil mengangkat tumor ovarium Dhea Ananda, 14. Dhea mengaku senang setelah penderitaan lebih kurang 2 tahun berakhir.

Putri dari penjual ikan asal Mabar, ini, sukses menjalani operasi pengangkatan kista pada indung telur seberat 8 kg, di Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU) pada 17 Maret 2020.

Dhea datang ke RS USU pada 25 Februari 2020 dengan keluhan perut membesar dialami sejak lebih kurang 2 tahun. Dia ditangani langsung Prof Dr dr Fidel Ganis Siregar, M.Ked(OG) SpOG(K) yang juga Wakil Rektor II USU.

Saat dijenguk Prof Fidel Ganis Siregar, Rabu (18/03/2020) di ruang rawat inap RS USU, Dhea sudah bisa tersenyum dan merasa perutnya lebih ringan. Dhea di hadapan ayahnya, Dogor Bancin, berjanji kepada Prof Fidel untuk kembali bersekolah lagi.

“Betul begitu. Harus semangat lagi, belajar yang baik supaya menjadi orang yang bisa membahagiakan orang tua ya,” kata Fidel.

Nyeri, Sesak Nafas hingga Diejek Hamil

Dhea memang cukup tangguh. Di usia muda, dia sudah menerima penyakit berat dan berhasil melaluinya. Dhea menceritakan, saat datang ke RS USU sebelumnya dia merasakan perutnya makin membesar, hingga Dhea pun sering diejek hamil hingga karena hal ini anak perempuan itu putus sekolah.

Karena perut kian membesar ini, Dhea merasa perutnya menyesak namun tidak ada nyeri pada perut dan sedikit sesak nafas.

Dhea sendiri diketahui sudah mendapat haid sejak umur 12 tahun dan tidak ada keluhan haid. Saat datang ke RS USU, pada Dhea dilakukan pemeriksaan fisik yang kemudian didapati massa setentang ulu hati (prosesus xiphoideus), massa kistik, immobile dan dilakukan pemeriksaan USG disimpulkan sebagai kista ovarium Permagna (giant) yang bersepta karena besarnya tak bisa lagi diukur oleh alat USG. Tetap dicurigai ganas, mengingat terjadinya pada perempuan usia remaja.

Karena dicurigakan ganas, pasien kemudian dilanjutkan pemeriksaan darah untuk penanda keganasan serta scanning perut pada 25 Februari 2020.

Setelah lebih kurang 2 minggu kemudian didapati hasil darah tanda keganasan tidak dijumpai ,namun dari hasil scanning Dokter Spesialis Radiologi dijumpai kecurigaan suatu kanker ovarium.

Hasil pemeriksaan kemudian oleh Prof Fidel, dibantu dr Riza Rivany SpOG(K) dan beberapa dokter peserta pendidikan spesialis di antaranya dr Masdaharul dan dr Mia Hayatun Pasaribu, direncanakan untuk laparatomi ditambah imprint durante operasi pada 17 Maret 2020.

Saat operasi ditemukan tumor sebesar 35x30x25 cm pada indung telur sebelah kiri jenis massa kista. Setelah diangkat kemudian ditimbang lebih kurang berat tumor 8 kg. Dari hasil pemeriksaan Laboratorium Patologi Anatomi saat operasi berlangsung oleh Dr dr Delyuzar SpPA diketahui bahwa tumor itu cenderung tidak ganas.

Maka oleh Prof Fidel diputuskan untuk mempertahankan Rahim (uterus) dan indung telur sebelah kanan dengan harapan suatu saat Dhea bisa haid dan hamil.

Kista Ovarium, Apa dan Bagaimana

Menurut Prof Dr dr Fidel Ganis Siregar, kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh pada indung telur (ovarium) wanita. Kista ini biasanya muncul selama masa subur atau selama wanita mengalami menstruasi.

Tiap wanita memiliki dua indung telur (ovarium), satu di bagian kanan dan satu lagi di sebelah kiri rahim. Ovarium yang berukuran sebesar biji kenari ini merupakan bagian dari sistem reproduksi wanita.

Ovarium berfungsi menghasilkan sel telur tiap bulan (mulai dari masa pubertas hingga menopause), serta memproduksi hormon estrogen, progesteron dan androgen. Fungsi ovarium terkadang dapat terganggu, kista termasuk jenis gangguan yang sering terjadi.

Sebagian besar kista yang berukuran kecil tidak menimbulkan gejala. Kista ini biasanya akan hilang sendiri tanpa pengobatan. Kista baru menimbulkan masalah jika tidak kunjung menghilang atau justru makin membesar.

Dalam kondisi seperti ini, penderita dapat merasakan nyeri panggul atau perut kembung. Kondisi serius dapat terjadi saat kista pecah atau jaringan ovarium terpelintir sehingga memerlukan penanganan secepatnya.

Terbentuknya kista ovarium tergantung dari berbagai faktor. Bisa terkait dengan siklus menstruasi maupun akibat ada pertumbuhan sel yang tidak normal. Walaupun terdapat pertumbuhan sel yang abnormal, biasanya kista ovarium bersifat jinak.

Langkah penanganan terhadap kista ovarium dilakukan berdasarkan usia pasien, jenis, atau ukuran kista. beberapa pilihan penanganan kista ovarium, salah satunya hanya pemantauan rutin saja jika kista masih kecil dan tidak menimbulkan gejala. Namun jika kista membesar, dapat dilakukan tindakan operasi pengangkatan kista.

Berbeda dengan tumor lain pada organ reproduksi yang ada deteksi dini sebelum terjadi keganasan ( misal: Pap Semar pada leher rahim / cervix ) maka pada tumor ovarium belum ada deteksi dini nya maka sulit untuk dapat mencegah timbulnya kista.

Kendati demikian, pemeriksaan panggul secara teratur dapat memantau jika terjadi perubahan pada ovarium. Pemeriksaan juga perlu dilakukan jika terjadi mengalami menstruasi di luar kebiasaan. (f rozi)