Sidang Isbat Putuskan Idul Fitri 22 April 2023, Hilal tak Penuhi Syarat

0
139
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

 

MEDAN, kaldera.id – Tim pemantauan Kementerian Agama (Kemenag) melalui sejumlah kanwil di sejumlah daerah melaporkan bahwa hilal pertanda pergantian bulan dari Ramadan menuju Syawal 1444 Hijriah tidak mencukupi syarat.

Alasan itu mendasari penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah atau tanggal Lebaran 2023 jatuh pada Sabtu (22/4).

“Sidang Isbat mufakat 1 Syawal 1444 H jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas membacakan keputusan sidang isbat di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (20/4).

Yaqut menegaskan, berdasarkan hisab hilal, posisi hilal di sejumlah daerah di Indonesia tidak memenuhi kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura). MABIMS merupakan rujukan yang digunakan pemerintah Indonesia sejak 2021.

“Tidak mencukupi syarat dan menimbang ketiadaan laporan hilal,” tegas Yaqut.

Kemenag telah menentukan 123 titik pemantau hilal 1 Syawal 1444 H di seluruh provinsi di Indonesia. Tim berasal dari petugas Kanwil Kemenag yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam serta instansi terkait.

Penetapan 1 Syawal 1444 H memadukan dua metode, yakni hisab dan rukyat. Kemenag selalu menggunakan dua metode ini untuk melengkapi satu dengan yang lain.

Kemenag bersandar pada kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS). Kesepakatan itu yakni ketinggian hilal 3º dan elongasi atau sudut Bulan-Matahari 6,4º.

Adapun hilal merupakan bulan sabit pertama yang teramati sesudah magrib penanda awal bulan hijriah. Hilal menjadi bukti paling kuat telah bergantinya periode fase bulan yang didahului bulan sabit tua dan bulan mati.

Dengan hasil itu, maka Hari Raya Idul Fitri 1444 H ditetapkan pemerintah jatuh pada Sabtu (22/4).

Sebelum penetapan pemerintah, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah terlebih dulu menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H jatuh pada Jumat 21 April 2023. Hal itu berdasarkan hasil perhitungan wujudul hilal yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah.

“1 Syawal 1444 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada hari Jumat tanggal 21 April 2023,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir beberapa waktu lalu. (cnn)