Mesjid di Medan Tetap Langsungkan Sholat Jumat di Tengah Pandemi Corona

Suasana Masjid Raya Al Mashun Medan jelang salat Jumat, hari ini
Suasana Masjid Raya Al Mashun Medan jelang salat Jumat, hari ini

MEDAN, kaldera.id- Beberapa mesjid besar di kota Medan seperti Mesjid Agung dan Mesjid Raya Al Mashun tetap melaksanakan sholat Jumat ditengah masa darurat corona yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Masih tetap dilaksanakan karena dari MUI Sumut sendiri belum mengeluarkan kebijakan untuk sholat Jumat dari rumah,” ujar staf BKM Mesjid Agung, Abdullah kepada kaldera.id, Jum’at (20/3/2020).

Sebagai antisipasi, BKM Mesjid Agung lebih gencar melakukan pembersihan mesjid. Selain itu sebelum sholat Jumat setiap sudut mesjid Agung juga disemprot cairan disinfektan.

Sajadah sholat pun masih terbentang di sepanjang mesjid. Namun setiap jamaah yang datang sebelumnya sudah dibagikan sajadah kecil sebagai pelapis kepala yang merupakan donasi dari Pemprovsu.

“Bagi yang tidak kebagian sajadah kecil kami sarankan untuk membawa sendiri dari rumah untuk jaga-jaga,” tuturnya.

Saat ini BKM mesjid agung mengaku belum mempersiapkan hand sanitizer dikarenakan stok yang bel mencukupi. Namun di dalam kamar mandi pihak BKM sudah menyiapkan sabun sebagai pengganti.

Sama halnya dengan Mesjid Raya Al- Mashun, BKM mesjid masih tetap melangsungkan sholat Jumat. Dari pantauan kaldera.id para jamaah yang masuk ke area mesjid disodorkan handsinitizer. Tak hanya itu, jamaah yang datang juga diberikan sajadah kecil sebagai pelapis kepala saat sholat Jumat berlangsung.

Dibagian dalam mesjid juga masih menggunakan sajadah. Pihak BKM mesjid juga tetap rutin melakukan pembersihkan sajadah sehingga tercegah dari virus. Dari hasil pengamatan kaldera.id, hingga pukul 12.00, jamaah sholat yang datang juga masih terbilang sedikit dari biasanya. (finta rahyuni)