Kawal Pilkada 2020, Polda Sumut Ingatkan Protokol Kesehatan

Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat menerima audiensi Ketua Bawaslu Provinsi Sumut, Syafrida R Rasahan dan jajarannya di Ruang Perjamuan Mapolda Sumut
Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat menerima audiensi Ketua Bawaslu Provinsi Sumut, Syafrida R Rasahan dan jajarannya di Ruang Perjamuan Mapolda Sumut

MEDAN, kaldera.id – Polda Sumut dan seluruh jajaran siap kawal pelaksanaan Pilkada 2020. Polda Sumut pun siap berkolaborasi dengan Bawaslu Sumut dalam hal pengawasan pelaksanaannya.

Itu dikatakan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin saat menerima audiensi Ketua Bawaslu Provinsi Sumut, Syafrida R Rasahan dan jajarannya di Ruang Perjamuan Mapolda Sumut, Rabu (24/06/2020). “Dalam pelaksanaan pilkada nantinya Bawaslu menjadi unsur penting yaitu pengawasan. Oleh karena itu Polda Sumut akan selalu berkoordinasi dengan Bawaslu,” tutur Martuani.

Didampingi Karo Ops Polda Sumut, Dirintelkam Polda Sumut, Dir Binmas Polda Sumut Dan Kabid Kum Polda Sumut jenderal bintang dua itu menyebutkan, kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan pilkada tahun ini, Polda Sumut akan siap melaksanakannya. “Permasalahan pelaksanaan pilkada ditengah pandemi Covid-19 tentunya adalah bagaimana membuat masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan pada saat memasuki TPS,” jelasnya.

Mantan Kapolda Papua itu juga turut menyampaikan bahwa Polda Sumut siap bekerja sama dengan Bawaslu Sumut dalam pelaksanaan Pilkada kedepan dengan harapan Bawaslu Kab/Kota dapat dikumpulkan untuk duduk bersama menyatukan persepsi dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Data yanh dihimpun, Pilkada 2020 di Sumut digelar di 23 Kab/Kota. Yakni, Binjai, Medan, Serdang Bedagai, Asahan, Tanjung Balai, Karo, Pematang Siantar, Simalungun. Lalu, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Samosir, Toba Samosir. Kemudian, Humbang Hasundutan, Sibolga, Mandailing Natal, Pakpak Bharat, Tapanuli Selatan, Gunung Sitoli, Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumut Syafrida R Rasahan berharap adanya kerja sama yang lebih baik lagi kepada Polda Sumut sebagai fungsi keamanan, utamanya kepada penyelenggaran serta masyarakat agar tetap taat dan disiplin protokol kesehatan Covid.

Syafrida juga menyampaikan bahwa perlunya memberikan pengertian terhadap jajaran Bawaslu Kab/Kota untuk menyamakan persepsi pada pelaksanaan Pengawasan Pilkada ditengah Pandemi Covid-19. (Haris)