Gubernur Sumut Ingatkan Warga Tak Takbir Keliling Jelang Idul Adha

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Walik Gubsu, Musa Rajekshah.
Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Walik Gubsu, Musa Rajekshah.

MEDAN,kaldera.id – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling menyambut Idul Adha 1441 Hijriah.

Hal ini disampaikannya mengingat masih banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19. Sehingga dengan tidak dilakukannya takbir keliling ini bisa mengurangi kemungkinan semakin banyaknya masyarakat yang terpapar Covid-19.

“Kondisi Covid-19 ini sedapat mungkin tidak dilakukan takbir keliling. Saya tidak berharap itu untuk menjaga keamanan rakyat kita semua, karena serba salah ini aparat pun ditakutkan terpapar ketika mengamankan ini. Jadi sama-sama kita jaga,” ujar Edy, Kamis (30/7/2020).

Terkait salat Idul Adha, Edy mengimbau masyarakat untuk melakukannya di mesjid daerah masing-masing sehingga tidak terkumpul dalam satu mesjid. Meski begitu, ia berharap masyarakat tetap menaati protokol kesehatan selama pelaksanaan salat Idul Adha.

“Untuk shalat di mesjid masing-masing sehingga terpencar dan tidak terkumpul menjadi satu.Tetap disiplinkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, jumlah masyarakat Sumut yang positif Covid-19 per Rabu (29/7/2020) mencapai 3.759 orang. Jumlah ini mengalami lonjakan sebanyak 241 kasus baru yang sekaligus menjadi rekor tertinggi penambahan pasien positif Covid-19 dalam sehari. Sementara itu, pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 980 orang dan meninggal dunia 186 orang. (finta rahyuni)